Kemampuan Siswa Kelas III Program Bahasa SMA Negeri 7 Semarang dalam Menggunakan Déterminant Bahasa Prancis.

Anjar Lusiani, 2314000012 (2005) Kemampuan Siswa Kelas III Program Bahasa SMA Negeri 7 Semarang dalam Menggunakan Déterminant Bahasa Prancis. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Kemampuan Siswa Kelas III Program Bahasa SMA Negeri 7 Semarang dalam Menggunakan Déterminant Bahasa Prancis) - Published Version
Download (75Kb)

    Abstract

    Siswa SMA yang belajar bahasa Prancis akan mempelajari struktur ataupun kaidah-kaidah tata bahasa Prancis, misalnya penggunaan déterminant . Berdasarkan pengamatan penulis, sebagian besar siswa kelas III Program bahasa SMA Negeri 7 Semarang mengalami kesulitan dalam menggunakan déterminant bahasa Prancis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menggunakan déterminant bahasa Prancis secara pasif dan aktif. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara kemampuan pasif dan kemampuan aktif, serta mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang mereka lakukan dalam menggunakan déterminant bahasa Prancis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 17 siswa kelas III Program bahasa. Validitas yang digunakan adalah validitas isi sedangkan untuk mengetahui reliabilitas instrumen digunakan teknik tes ulang. Rumus product-moment digunakan untuk memperoleh koefisien reliabilitas. Hasil penelitian dianalisis dengan metode deskriptif persentase dan analisis komparatif dengan menggunakan teknik T-test. Nilai rata-rata tes kemampuan pasif dan tes kemampuan aktif yang diperoleh dari hasil perhitungan data masing-masing adalah 68,12 dan 64,94. Berdasarkan kriteria (PAP) yang berlaku di SMA kedua kemampuan tersebut masingmasing termasuk dalam kategori cukup dan kurang. Hasil analisis komparatif menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antara kemampuan pasif dan kemampuan aktif siswa kelas III Program bahasa SMA Negeri 7 Semarang dalam menggunakan déterminant bahasa Prancis. Kesalahan yang dilakukan siswa dalam menggunakan déterminant bahasa Prancis adalah kesalahan struktural.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: kemampuan pasif, kemampuan aktif, déterminant.
    Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Perancis (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 18 Aug 2011 03:16
    Last Modified: 18 Aug 2011 03:17

    Actions (login required)

    View Item