PENDIDIKAN SENI TRADISI MELALUI SANGGAR: STUDI KASUS PEWARISAN TARI GENDING SRIWIJAYA DI SANGGAR PUTERI RAMBUT SELAKO KOTA PALEMBANG


DYAH SURYANTI RETNA SARI, 0204517050 (2020) PENDIDIKAN SENI TRADISI MELALUI SANGGAR: STUDI KASUS PEWARISAN TARI GENDING SRIWIJAYA DI SANGGAR PUTERI RAMBUT SELAKO KOTA PALEMBANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_DYAH.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (13MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sari, Dyah Suryanti Retna. 2019. “Pendidikan Seni Tradisi melalui Sanggar: Studi Kasus Pewarisan Tari Gending Sriwijaya di Sanggar Puteri Rambut Selako”. Tesis Program Studi Pendidikan Seni S2. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Hartono, M.Pd; Pembimbing II Dr. Triyanto, M.A. i – ivi, 1 – 211 Halaman. Kata Kunci: Pendidikan Seni, Tari Tradisi, Pewarisan, Tari Gending Sriwijaya Dekadensi kebudayaan dan minimnya apresiasi masyarakat Kota Palembang terhadap kesenian tradisional yang dialami saat ini dipandang perlu untuk membangun kembali kesadaran sikap dan paradikma masyarakat terhadap budaya lokal agar lebih mencintai kesenian tradisional, khususnya Tari Gending Sriwijaya agar tidak menurun mutunya serta dapat berjalan seiring dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat. Pendidikan non formal merupakan upaya yang tepat dalam mewariskan seni tradisi. Tujuan penelitian ini menganalisis masalah pendidikan seni tradisi melalui Sanggar Seni Putri Rambut Selako Kota Palembang yang diasumsikan sebagai upaya pewarisasan bentuk dan nilai Tari Gending Sriwijaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain penelitian studi kasus dan pendekatan Interdisiplin. Data diperoleh melalui teknik observasi, wawancara dan studi dokumen. Keabsaahan data menggunakan teknik Triangulasi sumber dan teori kemudian dianalisis melalui proses pengumpulan data, reduksi, penyajian dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat dikemukakan kesimpulan sebagai berikut: Pertama, Bentuk Tari Gending Sriwijaya terwujud dari dua unsur, unsur utama adalah gerak, yang merupakan rangkaian motif-motif gerak dalam sebuah ragam gerak. Sedangkan unsur pendukungnya antara lain: musik pengiring, pola lantai kostum, tata rias dan properti. Dari unsur utama dan unsur pendukung Tari Gending Sriwijaya yang mencerminkan keluruhan zaman Sriwijaya dan juga keadaan alam lingkungan Kota Palembang serta digunakannya secara konsisten dalam menyambut tamu agung yang datang ke Sumatera Selatan, dengan demikian Tari Gending Sriwijaya dapat dikelompokkan kedalam tari tradisi yang patut di diwariskan keberlanjutannya oleh masyakarakat Sumatera Selatan. Kedua, pendidikan seni tradisi disanggar sebagai upaya pewarisan Tari Gending Sriwijaya dilakukan melalui kegiatan pembelajaran non-formal dan kegiatan workshop serta pergelaran. Nilia edukatif dalam proses pewarisan Tari Gending Sriwijaya di Sanggar Seni Putri Rambut Selako dicapai melalui tiga aspek yakni; (1) aspek pengetahuan; (2) aspek keterampilan; (3) aspek sikap. Dalam upaya pewarisan Tari Gending Sriwijaya, Sanggar Seni Putri Rambut Selako memerlukan perhatian dari beberapa pihak terkait. Sedangkan untuk menembus generasi muda diperlukan sentuhan teknologi dalam upaya sosialisasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Seni, Tari Tradisi, Pewarisan, Tari Gending Sriwijaya
Subjects: L Education > Special Education > Art education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Seni, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 24 Feb 2020 19:35
Last Modified: 09 Mar 2020 12:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35079

Actions (login required)

View Item View Item