KEUNIKAN TARI GAMBYONG PADA KETHOPRAK KRIDHO CARITO DI DESA NGULAKAN KECAMATAN JAKEN KABUPATEN PATI


Ninik Sukarni , 2501412139 (2019) KEUNIKAN TARI GAMBYONG PADA KETHOPRAK KRIDHO CARITO DI DESA NGULAKAN KECAMATAN JAKEN KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEUNIKAN TARI GAMBYONG PADA KETHOPRAK KRIDHO CARITO DI DESA NGULAKAN KECAMATAN JAKEN KABUPATEN PATI]
Preview
PDF (KEUNIKAN TARI GAMBYONG PADA KETHOPRAK KRIDHO CARITO DI DESA NGULAKAN KECAMATAN JAKEN KABUPATEN PATI) - Published Version
Download (831kB) | Preview

Abstract

Kethoprak merupakan salah satu seni pertunjukan tradisional yang mengangkt cerita tentang babad tanah Jawa yang dipentaskan secara berkelompok. Kabupaten Pati mempunyai beberapa grup Kethoprak yaitu : Siswo Budoyo, Wahyu Manggolo, Kridho Carito, Wahyu Budoyo, Cahyo Mardiko, Bhakti Kuncoro masing-masing mempunyai keunikan tersendiri. Kethoprak Kridho Carito salah satu kethoprak yang mempunyai keunikan dalam bentuk penyajiannya. Peneliti merumuskan masalah ;(1) Bentuk penyajian tari gambyong Kethoprak Kridho Carito di Desa Ngulakan Kecmanatan Jaken Kabupaten Pati; (2) Keunikan tari gambyong Kethoprak Kridho Carito di Desa Ngulakan Kecamatan Jaken Kabupaten Pati. Sesuai dengan permasalahan peneliti bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bentuk penyajian dan keunikan tari gambyong Kethoprak Kridho Carito di Desa Ngulakan Kecamatan Jaken Kabupaten Pati. Penelitian kualitatif adalah berupa kata-kata dan gambar yang berasal dari naskah, hasil wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi maupun resmi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, karena permasalahan yang dibahas dalam hal ini bertujuan untuk menggambarkan atau menguraikan tentang Keunikan Tari Gambyong pada Kethoprak Kridho Carito di Desa Ngulakan Kecamatan Jaken Kabupaten Pati Hasil penelitian menunjukkan pada keunikan tari gambyong pada Kethoprak Kridho Carito perpaduan gerak tari gambyong dan gerak-gerak tari kreasi. Ragam tari gambyong tidak runtut dan banyak gerakan yang diulang- ulang. Keunikan Tari gambyong dapat dilihat dari gerak penghubung dan penggabungan tari keasi yang diiringi dengan musik dangdut. Tata rias dan busana tari gambyong Kethoparak Kridho Carito rias cantik, pidih di dahi memberikan kesan unik. Tata rambut tari gambyong pada Kethoprak Kridho Carito terdapat gaya I yang menggunakan sanggul tekuk dan gaya II menggunakan sanggul cepol . Saran untuk seniman Kethoprak “Kridho Carito” lebih meningkatkan kualitas dan mempertahankan ciri khas yang dimiliki Kethoprak Kridho Carito, mengembangkan bentuk tari gambyong yang disajikan sebagai pembuka pertunjukan agar terlihat kompak dan indah dengan bentuk ragam gerak yang benar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keunikan, Tari gambyong, Kethoprak Kridho Carito
Subjects: N Fine Arts > NL Theater and Dance
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 Feb 2020 15:18
Last Modified: 24 Feb 2020 15:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35077

Actions (login required)

View Item View Item