PEMBELAJARAN VOKAL PADA ANAK USIA DINI DI KURSUS MUSIK STARMOON SEMARANG DENGAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING


Yoel Bagos Prakoso , 2501412127 (2019) PEMBELAJARAN VOKAL PADA ANAK USIA DINI DI KURSUS MUSIK STARMOON SEMARANG DENGAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PEMBELAJARAN VOKAL PADA ANAK USIA DINI DI KURSUS MUSIK STARMOON SEMARANG DENGAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN VOKAL PADA ANAK USIA DINI DI KURSUS MUSIK STARMOON SEMARANG DENGAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) - Published Version
Download (761kB) | Preview

Abstract

Keunggulan lainnya ialah pada model pembelajaran yang di terapkan oleh kursus musik Starmoon, yaitu menerapkan model pembelajaran Contextual teaching and learning. Kursus musik Starmoon berfokus pada model pembelajaran contextual teaching and learning yang berbasis pada masalah, menggunakan konteks yang beragam, mempertimbangkan kebhinekaan siswa, memberdayakan siswa untuk belajar sendiri, dan belajar melalui kolaborasi, dimana siswa dituntut untuk bisa mengaitkan materi dengan dunia nyata siswa sehingga mendorong siswa menghubungkan antara pengetahuan yang di milikinya dengan penerapan pengetahuan tersebut dalam bermasyarakat, yang berdampak pada meningkatnya hasil belajar vokal siswa. Karena hal itulah peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana proses pembelajaran contextual teaching and learning yang sudah berjalan 6 tahun di kursus musik Starmoon Semarang. Penelitian ini dikaji menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan derajat kepercayaan triangulasi, yang meliputi triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang meliputi reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran vokal pada anak usia dini di Starmoon Semarang dibagi menjadi dua tahap yaitu, tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Tahap persiapan meliputi sebelum proses pembelajaran dimulai pendidik mempersiapkan sumber belajar seperti partitur vokal, fisik murid dan tempat belajar pun sudah dipersiapkan terlebih dahulu. Kemudian murid berlatih pernafasan dan solmisasi secara acak. Tahap pelaksanaan yaitu setelah murid melakukan latihan pernafasan, kemudian murid diajarkan pemanasan vokal agar bisa mengucapkan artikulasi dengan benar (A - I – U – E – O) mulut harus sesuai dengan huruf yang dibacanya. Metode pembelajaran yang digunakan oleh pengajar adalah metode contextual teaching and learning dimana proses belajar mengajar ini menuntut peran aktif murid. Berdasarkan simpulan tersebut penulis mengajukan saran sebagai berikut: (1) Bagi Siswa, siswa seharusnya lebih bisa berkonsentrasi saat pembelajaran. menghambat kegiatan belajar. (2) Bagi pengajar, pengajar vokal di Kursus Musik Starmoonmenurut saya sudah sangat baik dan berkompeten dalam bidangnya. (3) Bagi Kursus Musik Starmoon hendaknya membuat kelas khusus vokal yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Vokal, Anak Usia Dini, Contextual Teaching.
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 Feb 2020 14:58
Last Modified: 24 Feb 2020 14:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35074

Actions (login required)

View Item View Item