AKTIVITAS MUSIKAL ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B TK ABA 03 KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN KENDAL


Alif Setya Aji , 2501412107 (2019) AKTIVITAS MUSIKAL ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B TK ABA 03 KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of AKTIVITAS MUSIKAL ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B TK ABA 03 KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN KENDAL]
Preview
PDF (AKTIVITAS MUSIKAL ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B TK ABA 03 KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN KENDAL) - Published Version
Download (808kB) | Preview

Abstract

Musik sebagai salah satu cabang kesenian merupakan kebutuhan yang universal. Keberadaannya tak terpisahkan dalam berbagai setting kehidupan manusia dengan berbagai fungsinya, seperti: 1) Memberikan kenikmatan estetis, 2) sebagai media hiburan, 3) sebagai media pendidikan atau pembelajaran, 4) respon fisik, 5) memvalidasi institusiinstitusi sosial dan ritual-ritual keagamaan (Budhi Santososo, 1994). Rumusan masalah yang dapat diambil adalah bagaimana aktivitas musikal di pembelajaran Kelompok B TK ABA 03 Kecamatan Sukorejo? Penelitian ini dikaji menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan derajat kepercayaan triangulasi, yang meliputi triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang meliputi reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian aktivitas musikal di TK ABA 03 kecamatan Sukorejo ialah bagian awal (1) Aktivitas mendengarkan musik di mulai saat guru menyanyikan lagu “puasa menyenangkan”, sebagian peserta didik hanya mampu mendengarkan apa yang di nyanyikan oleh guru dan sebagian lagi ada yang ikut menyanyikan karena sudah pernah mendengar sebelumnya. Kemudian pada bagian kedua (2) aktivitas bernyanyi di TK ABA 03 dilakukan pada kegiatan pembuka di mulai dengan menyanyikan lagu “lingakaran kecil lingkaran besar” setelah itu pada kegiatan inti ada 2 lagu yang di berikan, yaitu nyanyian untuk pengantar do‟a dan lagu bertema ramadhan, kemudian di bagian penutup menyanyikan lagu “kalau kau suka hati” dengan perubahan di bagian lirik yang dilakukan oleh guru. Setelah itu pada bagian (3) guru mengajak siswa untuk melakukan gerakan membentangkan tangan lalu menyatukan telapak tangan seperti posisi tangan sedang bertapa, diulang-ulang mengikuti ketukan lagu, diakhiri dengan telapak tangan tengadah atau posisi tangan berdoa bagi orang muslim. Di bagian terakhir (4) Siswa bermain dengan lagu “lingkaran keci lingkaran besar” yang di nyanyikan oleh guru di awal pembelajaran. Berdasarkan penelitian ini saran yang pertama diajukan kepada guru, yaitu untuk menggunakan media seperti musik iringan dengan menggunakan alat musik sederhana, atau iringan menggunakan media digital, menggunakan video musik sebagai bahan pengamatan siswa dalam belajar musik maupun belajar lainnya. Saran yang kedua penulis ajukan kepa TK ABA 03 Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal, untuk menyediakan fasilitas seperti pengeras suara, layar monitor, pemutar musik, alat musik, sehingga dapat menunjang proses belajar siswa. Saran yang ketiga untuk orang tua siswa, untuk lebih memperhatikan perkembangan musikal anak, dengan cara sederhana yaitu mengajak anak bermain menggunakan lagu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Musikal dan Taman Kanak-kanak ABA 03.
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 Feb 2020 14:54
Last Modified: 24 Feb 2020 14:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35073

Actions (login required)

View Item View Item