PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN COMIC BOOK IPA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS V SDN 1 TODANAN KABUPATEN BLORA


YOGA PRIA KURNIA, 0103517069 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN COMIC BOOK IPA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS V SDN 1 TODANAN KABUPATEN BLORA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_YOGA.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kurnia, Yoga Pria. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Comic Book IPA untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Kelas V SDN 1 Todanan Kabupaten Blora. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar PGSD Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Sri Susilogati Sumarti, M.Si., Pembimbing II Dr. Udi Utomo, M.Si. Kata Kunci: Comic Book IPA; Berpikir Kritis; Peduli Lingkungan. Penelitian ini didasarkan pada rendahnya keterampilan berpikir kritis dan karakter peduli lingkungan siswa karena kurangnya dukungan media dalam pembelajaran. Salah satu media yang dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah komik. Media berbentuk komik menawarkan sebuah kebaharuan dalam pembelajaran. Karakteristiknya yang sederhana, menarik dan mudah disisipi muatan-muatan materi pembelajaran dapat diperhitungkan sebagai opsi untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang dialami siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji dan mengembangkan media comic book IPA yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis serta karakter peduli lingkungan siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall. Teknik yang digunakan dalam uji coba penelitian ini adalah pre-experimental design dengan bentuk one group pre-test post-test. Subjek pada penelitian ini sebanyak 53 siswa kelas V SDN 1 Todanan, Kabupaten Blora. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat penelitian meliputi uji normalitas, serta uji keefektifan media meliputi uji t berpasangan dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) penilaian dari 2 validator ahli media dan 2 validator ahli materi memperoleh skor presentase rata-rata sebesar 97% dan 92% dengan kategori sangat valid; (2) hasil uji kepraktisan media berdasarkan respon guru memperoleh skor presentase rata-rata sebesar 96% dengan kategori sangat praktis, dan berdasarkan respon siswa mendapatkan skor presentase rata-rata sebesar 95% dengan kategori sangat praktis; (3) Hasil uji T pada pre-test dan post-test keterampilan berpikir kritis memperoleh skor Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, sedangkan hasil uji T pada pre-test dan post-test karakter peduli lingkungan memperoleh skor Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 (4) hasil uji N-Gain pre-test dan post-test keterampilan berpikir kritis memperoleh skor sebesar 0,34 dengan kategori “sedang”, sedangkan pada karakter peduli lingkungan memperoleh skor sebesar 0,40 dengan kategori “sedang”. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan media pembelajaran comic book IPA efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan karakter peduli lingkungan siswa. Untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal pada pembelajaran, alangkah baiknya jika media comic book IPA dipadukan dengan model pembelajaran seperti PBL, STAD, dll.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Comic Book IPA; Berpikir Kritis; Peduli Lingkungan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > implementation of learning
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 24 Feb 2020 14:46
Last Modified: 24 Feb 2020 14:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35072

Actions (login required)

View Item View Item