PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI HIDROLISIS DAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK


PRAHASTI CYNTHIA HARDIYANTI, 0404517014 (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI HIDROLISIS DAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_PRAHASTI.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hardiyanti, Prahasti Cynthia. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Materi Hidrolisis dan Penyangga untuk Meningkatkan Kecerdasan Logis Matematis dan Interpersonal Peserta Didik. Tesis, Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Sri Wardani, M.Si. Pembimbing II Cepi Kurniawan, S.Si, M.Si, Ph.D Kata Kunci: lembar kerja peserta didik, Problem Based Learning, logis matematis, interpersonal Mata pelajaran kimia merupakan mata pelajaran yang erat kaitannya dengan pembelajaran yang menuntut peserta didik untuk aktif dalam pemecahan masalah. Adanya hal tersebut, diperlukan suatu pengembangan lembar kerja untuk mendukung kegiatan pembelajaran kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) materi hidrolisis untuk meningkatkan kecerdasan logis matematis. Kualitas LKPD diukur dengan kriteria kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan dalam proses pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 3D (define, design and develop). Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 6 Semarang. Uji skala kecil dilakukan di kelas XI IPA 6 dan uji skala besar pada kelas XI IPA 5 sebagai subjek penelitian. Instrumen penelitian yaitu LKPD berbasis Problem Based Learning materi hidrolisis garam dan larutan penyangga, soal tes kecerdasan logis matematis, dan lembar observasi kecerdasan interpersonal. Validitas LKPD ditinjau dari validasi materi dan validasi media. Uji peningkatan kecerdasan logis matematis dilakukan dengan menghitung uji N-Gain, uji Paired Sampel t-test, dan ketuntasan klasikal. Peningkatan kecerdasan interpersonal dianalisis melalui lembar observasi pada pertemuan awal dan akhir materi hidrolisis dan penyangga dengan menghitung persentase kenaikan kecerdasan interpersonal. Hasil uji kelayakan LKPD validasi ahli materi sebesar 93,77% pada kategori sangat baik dan validasi ahli media sebesar 94,46% pada kategori sangat baik serta layak untuk dikembangkan dengan hasil uji skala kecil dengan rata-rata penilaian responden 87,43% pada kriteria sangat baik. Uji peningkatan kecerdasan logis matematis uji N-Gain yang telah dilakukan menunjukkan N-Gain 0,56 pada materi hidrolisis dan 0,60 materi penyangga dengan kriteria sedang. Uji t menunjukkan bahwa harga thitung sebesar 17,84 pada materi hidrolisis dan 16,91 pada materi penyangga lebih besar dibandingkan harga ttabel sebesar 2,03 menunjukkan ada peningkatan nilai yang signifikan dari hasil pretest dan posttest. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning materi hidrolisis garam dan larutan penyangga dapat meningkatakan kecerdasan logis matematis dan interpersonal peserta didik

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: lembar kerja peserta didik, Problem Based Learning, logis matematis, interpersonal
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 24 Feb 2020 14:29
Last Modified: 24 Feb 2020 14:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35071

Actions (login required)

View Item View Item