PENGEMBANGAN MODUL ILMU PENGETAHUAN ALAM BERMUATAN RELIGI MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA
HEGIN DANANTYO, 0402514073 (2020) PENGEMBANGAN MODUL ILMU PENGETAHUAN ALAM BERMUATAN RELIGI MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Danantyo, Hegin. 2019. “Pengembangan Modul IPA Bermuatan Religi Materi Sistem Peredaran Darah Manusia”. Tesis. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Konsentrasi Biologi. Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Sri Mulyani E.S, M.Pd., Pembimbing II Dr. Lisdiana, M.Si. Kata Kunci : Modul, Religi, Sistem Peredaran Darah Manusia Pemisahan nilai religi terhadap substansi pembelajaran IPA menjadi pokok permasalahan yang dialami oleh SMPIT ITTIHADUL MUWAHIDIN Pati. Sehingga peserta didik masih memiliki pemahaman konsep yang terpisah antara sains dan aqidah akibatnya motivasi belajar dan hasil belajar rendah. Hal ini disebabkan belum adanya bahan ajar dan media yang mendukung pembelajaran yang terintegrasi antara konsep Sains dan Aqidah. melihat permasalahan tersebut, peneliti mengembangkan modul IPA bermuatan religi. Modul IPA bermuatan religi berisi konsep - konsep sains yang diintegrasikan dengan pengkajian dan penafsiran ayat Al – quran dan hadist. Diharapkan modul ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik SMPIT ITTIHADUL MUWAHIDIN Pati. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang dirancang menggunakan prosedur penelitian: (1) Analisis potensi dan masalah; (2) Pengumpulan data; (3) Pengembangan modul pembelajaran bermuatan Religi; (4) Validasi desain modul pembelajaran oleh ahli media dan ahli materi; (5) Revisi modul tahap 1; (6) Uji coba modul skala terbatas; (7) Revisi modul tahap 2; dan (8) Revisi produk akhir. Uji coba dilakukan di SMPIT ITTIHADUL MUWAHIDIN Pati pada 2 kelas dengan jumlah siswa 22 di tiap kelas.. Hasil validasi modul pembelajaran yang dikembangkan memperoleh skor dengan kriteria valid oleh ahli media dan ahli materi. Hasil penelitian membuktikan bahwa Modul layak untuk digunakan dalam pembelajaran berdasarkan validasi pakar sebesar 79,3 %, tanggapan guru sebesar 85,25 %, tanggapan peserta didik 87 %. Uji efektivitas Modul dilakukan dengan metode eksperimen yaitu, kelas 8A sebagai kelas eksperimen dan 8B sebagai kelas kontrol. Hasil nilai kognitif kelas 8 A sebesar 86,86 dan 8B 73,77, untuk menguji beda rata-rata dua kelas dilakukan uji T dengan hasil sebesar 0.0011 lebih rendah dengan nilai alfa 0.05 yang diartikan bahwa perbedaan hasil belajar kedua kelas yang signifikan. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan modul IPA pada materi Sitem Peredaran Darah Manusia mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMPIT ITTIHADUL MUWAHIDIN Pati.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul, Religi, Sistem Peredaran Darah Manusi |
Subjects: | L Education > Special Education > Education of Natural Science |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 21 Feb 2020 15:13 |
Last Modified: | 09 Mar 2020 13:31 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35065 |
Actions (login required)
View Item |