SURVEI ASESMEN BIOLOGI SEBAGAI DESKRIPSI KESIAPAN GURU ABAD KE-21


ERIN PRISKILA, 0402515038 (2019) SURVEI ASESMEN BIOLOGI SEBAGAI DESKRIPSI KESIAPAN GURU ABAD KE-21. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_ERIN.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Priskila, E. 2019. “Survei Asesmen Biologi sebagai Deskripsi Kesiapan Guru Abad Ke-21”. Tesis. Program Studi Pendidikan IPA (Konsentrasi Biologi), Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Semarang. Dr. Andreas Priyono Budi Prasetyo, M.Ed. dan Dr. Yustinus Ulung Anggraito, M.Si. Kata Kunci: Asesmen Biologi, Pendidikan Abad ke-21, Guru Abad ke-21 Keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah, kreativitas dan inovasi, kolaborasi, serta komunikasi merupakan jenis keterampilan yang harus dikuasai siswa untuk menghadapi tantangan abad ke-21. Keempat jenis keterampilan tersebut dapat diukur dengan berbagai jenis asesmen. Peran guru dalam proses pembelajaran menjadi faktor penting untuk memfasilitasi siswa mencapai berbagai keterampilan yang dibutuhkan saat ini. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kesiapan guru abad ke-21 melalui penerapan jenis-jenis asesmen, kualitas asesmen, dan model asesmen alternatif yang mengarah pada kebutuhan pendidikan abad ke-21. Asesmen yang berkualitas mampu mengukur keterampilan belajar siswa secara komprehensif. Dengan demikian kesiapan guru abad ke-21 dalam penelitian ini akan ditinjau dari penerapan jenis-jenis asesmen yang digunakan untuk mengukur keterampilan kebutuhan abad ke-21. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei menggunakan metode kuantitatif deskriptif non-eksperimental yang melibatkan enam guru partisipan dari enam sekolah yang berbeda dan tiga siswa partisipan di setiap sekolah sampel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh asesmen Biologi kelas X semester 1 tahun ajaran 2017/2018 yang digunakan guru Biologi SMA Kota Semarang. Guru tersebut merupakan peserta aktif gugus MGMP Kota Semarang. Data yang diambil berupa wawancara pada guru dan kuesioner siswa. Hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) jenis asesmen yang digunakan telah bervariasi yaitu 17 dari 19 (89,5%) jenis asesmen biologi, 2) lima guru partisipan diketahui telah melakukan validitas asesmen Biologi melalui forum diskusi guru, akan tetapi hanya pada jenis asesmen kognitif, dan (3) terdapat tujuh dari sembilan (77,8%) model asesmen alternatif pembelajaran Biologi abad ke-21 pada sekolah partisipan, namun di dalam penerapannya belum sepenuhnya komprehensif sesuai dengan tujuan asesmen autentik. Triangulasi data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil kuesioner siswa. Dengan demikian diperoleh simpulan bahwa ketika dalam proses belajar, guru masih cenderung menyasar bagian kognitif saja sehingga sebagian guru belum siap karena belum memenuhi kriteria kebutuhan abad ke-21 (4C’s).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Asesmen Biologi, Pendidikan Abad ke-21, Guru Abad ke-21
Subjects: L Education > Special Education > Biology Education
L Education > Special Education > Education of Natural Science
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 21 Feb 2020 14:54
Last Modified: 09 Mar 2020 12:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35064

Actions (login required)

View Item View Item