PENGEMBANGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS MATA PELAJARAN PRAKARYA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA


BENIK DWI PRILESTARI, 0501517027 (2020) PENGEMBANGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS MATA PELAJARAN PRAKARYA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_BENIK.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (17MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Benik Dwi Prilestari, 2019. “Pengembangan Model Project Based Learning (Pjbl) Dalam Meningkatkan Kreativitas Mata Pelajaran Prakarya Sekolah Menengah Pertama. Tesis. Program Studi Pendidikan Kejuruan. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Dr. Atiek Zahrulianingdyah, M.Pd., dan Pembimbing II Dr. Eko Supraptono, M.Pd. Kata Kunci: Project Based Learning, Kreativitas, Prakarya Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran Project Based Learning yang valid, efektif, layak dan praktis untuk meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran Prakarya siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan langkah-langkah penelitian menggunakan ADDIE. Model yang dikembangkan adalah model Pembelajaran Project Based Learning Prakarya yang berbasis Ecogreen. Studi pendahuluan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa perlu adanya pemanfaatan lingkungan yang termasuk bagian tindakan ecogreen untuk menanggulangi permasalahan pada pembelajaran Prakarya. Tahap pengembangan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran prakarya meliputi desain model dari pengembangan perangkat pembelajaran PjBL. Model yang dikembangkan diberi nama Model pembelajaran Project Based Learning Prakarya Seni Bunga Kering, yang divalidasi oleh pakar, praktisi dan stakeholder. Hasil validasi model menunjukkan bahwa tingkat kevalidan model dengan rerata 3,79 yang artinya model ini memiliki tingkat kevalidan yang tinggi. Validitas produk dilakukan dengan menggunakan uji validitas CVR dengan hasil 0,736 realibilitas kappa dengan nilai 0,7 dengan uji realibilitas Kappa dan keefektifan model uji kompetensi menggunakan analisis Uji T. Model ini efektif dengan hasil post test lebih baik dari pre test sebesar 0.83 untuk desain produk dan peningkatan 0,3 untuk kelayakan produk. Hasil uji kepraktisan menjelaskan bahwa kepraktisan Model pembelajaran Project Based Learning Prakarya Seni Bunga Kering sebesar 91,54 %. Model ini akan optimal apabila dilakukan minimal pada siswa kelas VII karena sudah mendapat materi dasar pada kelas sebelumnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Kreativitas, Prakarya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Kejuruan, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 21 Feb 2020 13:57
Last Modified: 09 Mar 2020 12:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35060

Actions (login required)

View Item View Item