KEKERASAN PSIKIS TERHADAP ANAK USIA DINI DITINJAU DARI TIPE KELUARGA DI DESA WELAHAN, KABUPATEN JEPARA (STUDI DI TK NURUL ULUM DAN TK SUNAN MURIA)


Eka Yuni Saputri, 1601414008 (2018) KEKERASAN PSIKIS TERHADAP ANAK USIA DINI DITINJAU DARI TIPE KELUARGA DI DESA WELAHAN, KABUPATEN JEPARA (STUDI DI TK NURUL ULUM DAN TK SUNAN MURIA). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEKERASAN PSIKIS TERHADAP ANAK USIA DINI DITINJAU DARI TIPE KELUARGA DI DESA WELAHAN, KABUPATEN JEPARA (STUDI DI TK NURUL ULUM DAN TK SUNAN MURIA)]
Preview
PDF (KEKERASAN PSIKIS TERHADAP ANAK USIA DINI DITINJAU DARI TIPE KELUARGA DI DESA WELAHAN, KABUPATEN JEPARA (STUDI DI TK NURUL ULUM DAN TK SUNAN MURIA)) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kekerasan psikis terhadap anak usia dini ditinjau dari tipe keluarga. Kekerasan yang sering terjadi terhadap anak usia dini adalah kekerasan psikis. Pelaku kekerasan terhadap anak biasanya adalah orang terdekat anak, yaitu keluarga. Di lingkungan anak, anak hanya mengenal keluarganya dalam 2 tipe keluarga yaitu, tipe keluarga inti dan tipe keluarga besar. Hal ini menyebabkan bentuk-bentuk kekerasan psikis terhadap anak usia dini antara tipe keluarga inti dan keluarga besar memiliki perbedaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat perbedaan kekerasan psikis terhadap anak usia dini ditinjau dari tipe keluarga? Hipotesis penelitian ini adalah terdapat perbedaan kekerasan psikis terhadap anak usia dini yang tinggal bersama dengan keluarga inti dan anak usia dini yang tinggal bersama dengan keluarga besar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif komparatif dengan subjek penelitian anak usia 4-6 tahun. Penelitian ini dilaksanakan di TK Nurul Ulum dan TK Sunan Muria yang terdapat di Desa Welahan, Kabupaten Jepara dengan jumlah responden 96 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Skala Kekerasan Psikis terhadap Anak Usia Dini, dengan analisis menggunakan metode Independent Sample t-Test. Hasil perhitungan penelitian dengan menggunakan uji Independent Sample t-Test mendapatkan nilai thitung<ttabel (-12,786 < 1,985) dan nilai sig.(2-tailed) < 0,05 (0,00 < 0,05), sehingga terdapat perbedaan kekerasan psikis terhadap anak usia dini ditinjau dari tipe keluarga. Berdasarkan hasil penelitian, kekerasan psikis terhadap anak usia dini yang tinggal bersama dengan keluarga inti lebih tinggi dibandingkan dengan anak usia dini yang tinggal bersama keluarga besar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kekerasan Psikis terhadap Anak Usia Dini, Tipe Keluarga, Keluarga Besar, Keluarga Inti
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 20 Feb 2020 20:18
Last Modified: 20 Feb 2020 20:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35059

Actions (login required)

View Item View Item