EFEKTIFITAS APE MAZE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AL-FITROH KOTA SEMARANG


Nova Dini Liany, 1601413093 (2019) EFEKTIFITAS APE MAZE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AL-FITROH KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIFITAS APE MAZE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AL-FITROH KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (EFEKTIFITAS APE MAZE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AL-FITROH KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (764kB) | Preview

Abstract

Pendidikan untuk anak usia dini merupakan pendidikan yang diberikan pada anak usia 0-8 tahun, salah satu strategi yang dapat digunakan pendidik untuk meningkatkan kemampuan anak usia dini adalah melalui permainan.Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak adalah berhitung dengan menggunakan APE Maze. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berhitung anak pada kelompok B di TK Al-Fitroh kota Semarang. Kemampuan berhitung yang rendah menjadi masalah yang dihadapi guru di TK Al-Fitroh. Berdasarkan kondisi tersebut rumusan masalah yang dipaparkan dalam penulisan ini yaitu: bagaimana meningkatkankemampuan berhitung anak melalui APE Maze di TK Al-FitrohSemarang dan seberapa besar pengaruh APE Mazeterhadap peningkatan kemampuan berhitung anak di TK Al-Fitroh. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif metode eksperimen dengan desain one gruop pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok B Al-Fitroh kota Semarang. Media yang digunakan peneliti dalam kegiatan ini yaitu APE Maze, setiap anak ditempatkan dalam satu kelompok yang terdiri 3-4 orang. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan skala likert. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah teknik porpusive sampling. Uji hipotesis diperoleh bahwa berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan, diperoleh data uji t-test melalui uji perbedaan paired smple t-test pada program SPSS nilai thitung -11,622 denganttabel -2,042. Maka -thitung< -ttabelyaitu -11,622< -2,042 dengan sig = 0.000, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa APE Mazedapat meningkatkan kemampuan berhitung anak. Berdasarkan penelitian tersebut disarankan pada semua guru dapat memberikan kegiatan pembelajaran berhitung yang menarik dan menyenangkan anak. Guru juga hendaknya mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan bagi anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: APE Maze, Kemampuan berhitung permulaan anak
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 20 Feb 2020 19:45
Last Modified: 20 Feb 2020 19:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35057

Actions (login required)

View Item View Item