PENINGKATAN KEMAMPUAN MATEMATIKA PERMULAAN MELALUI PERMAINAN BALOK LACI ARITMATIKA (ANGKA, WARNA DAN BENTUK GEOMETRI) DI POS PAUD SE- KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG


Fina Sofiyatun, 1601413092 (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MATEMATIKA PERMULAAN MELALUI PERMAINAN BALOK LACI ARITMATIKA (ANGKA, WARNA DAN BENTUK GEOMETRI) DI POS PAUD SE- KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KEMAMPUAN MATEMATIKA PERMULAAN MELALUI PERMAINAN BALOK LACI ARITMATIKA (ANGKA, WARNA DAN BENTUK GEOMETRI) DI POS PAUD SE- KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KEMAMPUAN MATEMATIKA PERMULAAN MELALUI PERMAINAN BALOK LACI ARITMATIKA (ANGKA, WARNA DAN BENTUK GEOMETRI) DI POS PAUD SE- KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (776kB) | Preview

Abstract

Peningkatan Kemampuan Matematika Permulaan melalui Media Permainan Balok Laci Aritmatika (Angka, Warna, dan Bentuk Geometri) pada Anak Usia Dini di POS PAUD Se Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Diana, S.Pd., M.Pd., dan Wulan Adiarti, S.Pd., M.Pd. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan dan peningkatan kemampuan matematika permulaan anak usia 3-4 tahun dengan media Balok Laci Aritmatika di POS PAUD Se- Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua siswa di POS PAUD Sekar Tanjung dan POS PAUD Sekar Pelita yang berlokasi di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Sampel yang digunakan adalah anak usia 3-4 tahun sejumlah 34 anak. Analisis data menggunakan Paired Sample t-Test dengan bantuan program SPSS dan teknik persentase. Berdasarkan perhitungan statistik menggunakan Paired Sample t-Test diperoleh nilai sig (2 tailed) 0.000 dan t hitung -24,132. Sig (2 tailed) 0,000 <0.05 dan t hitung -24,132 < ttabel -2,026. Data tersebut menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Perhitungan persentase kemampuan matematika permulaan anak usia dini adalah 31,32%. Kesimpulan berdasarkan data tersebut terdapat perbedaan dan peningkatan signifikan pada kemampuan matematika permulaan anak usia dini di POS PAUD Se-Kecamatan Gunungpati Kota Semarang setelah penerapan media permainan balok laci aritmatika.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media balok laci aritmatika, kemampuan matematika permulaan anak usia dini.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 20 Feb 2020 19:41
Last Modified: 20 Feb 2020 19:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35056

Actions (login required)

View Item View Item