PENGGUNAAN “NOVEL GRAPHIC” PUNAKAWAN UNTUK PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG WARISAN BUDAYA PADA ANAK USIA DINI DI TK KHALIFAH 25 SEMARANG


Nurul hidayah, 1601412042 (2019) PENGGUNAAN “NOVEL GRAPHIC” PUNAKAWAN UNTUK PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG WARISAN BUDAYA PADA ANAK USIA DINI DI TK KHALIFAH 25 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGGUNAAN “NOVEL GRAPHIC” PUNAKAWAN UNTUK PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG WARISAN BUDAYA PADA ANAK USIA DINI DI TK KHALIFAH 25 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGGUNAAN “NOVEL GRAPHIC” PUNAKAWAN UNTUK PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG WARISAN BUDAYA PADA ANAK USIA DINI DI TK KHALIFAH 25 SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Negara Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman budayanya. Keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia saat ini mulai mengalami kegoncangan, kegoncangan tersebut diakibatkan oleh masuknya kebudayan asing yang kemudian mendominasi kebudayaan lokal. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat perbedaan pengetahuan tentang warisan budaya pada anak usia dini ditinjau dari penggunaan novel graphic punakawan dan apakah terdapat peningkatan pengetahuan tentang warisan budaya pada anak usia dini ditinjau dari penggunaan novel graphic punakawan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perbedaan pengetahuan tentang warisan budaya pada anak usia dini ditinjau dari penggunaan novel graphic punakawan serta untuk mengetahui peningkatan pengetahuan tentang warisan budaya pada anak usia dini ditinjau dari penggunaan novel graphic punakawan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan pengetahuan tentang warisan budaya pada anak usia dini ditinjau dari penggunaan novel graphic punakawan dan terdapat pengetahuan tentang warisan budaya pada anak usia dini ditinjau dari penggunaan novel graphic punakawan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain Pre-Experimental Designs. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa di TK Khalifah Semarang yang berusia 5-6 tahun, sedangkan sampelnya sebanyak 32 anak yang berusia 5-6 tahun yang menjadi kelas eksperimen yang mana diberikan treatment oleh peneliti dengan menggunakan media buku novel graphic “Jelajah Budaya Bersama Punakawan”. Berdasarkan perhitungan statistik menggunakan Independent Sample t-Test diperoleh t hitung > t table (11,825 > 2,039) dan nilai sig (2-tailed) 0,00 < 0,05, maka hipotesis diterima. Perhitungan persentase pengetahuan warisan budaya pada anak usia dini berdasarkan penerapan media novel graphic mengalami kenaikan sebesar 28% antara pretest dan posttest. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat perbedaan dan peningkatan pengetahuan tentang warisan budaya pada anak usia dini ditinjau dari penggunaan novel graphic punakawan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Novel Graphic, Punakawan, Warisan Budaya
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 20 Feb 2020 19:13
Last Modified: 20 Feb 2020 19:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35053

Actions (login required)

View Item View Item