EFEKTIVITAS PELATIHAN REGULASI EMOSI UNTUK MENURUNKAN AGRESIVITAS REMAJA PADA SISWA MTS NEGERI 2 KUDUS


Fitra Rizky Yosa, 1511415108 (2019) EFEKTIVITAS PELATIHAN REGULASI EMOSI UNTUK MENURUNKAN AGRESIVITAS REMAJA PADA SISWA MTS NEGERI 2 KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PELATIHAN REGULASI EMOSI UNTUK MENURUNKAN AGRESIVITAS REMAJA PADA SISWA MTS NEGERI 2 KUDUS]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PELATIHAN REGULASI EMOSI UNTUK MENURUNKAN AGRESIVITAS REMAJA PADA SISWA MTS NEGERI 2 KUDUS) - Published Version
Download (758kB) | Preview

Abstract

Masa remaja adalah suatu periode yang sering dikatakan sebagai periode “badai dan tekanan” yaitu sebagai suatu masa dimana terjadi ketegangan emosi yang tinggi yang diakibatkan adanya perubahan fisik dan kelenjar. Remaja juga belum mampu untuk mengendalikan emosi dalam dirinya terutama emosi negatif yang dirasakannya. Emosi negatif yang dirasakan biasanya diungkapkan dengan cara yang tidak tepat. Dengan kondisi remaja tersebut, regulasi emosi yang tidak tepat dapat memicu munculnya agresi pada remaja. Penelitian ini difokuskan pada agresivitas remaja yang merupakan siswa sekolah menengah pertama dan upaya untuk menurunkan agresivitas pada siswa. Pelatihan regulasi emosi digunakan dalam penelitian ini sebagai upaya untuk menurunkan agresivitas pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan regulasi emosi untuk menurunkan agresivitas pada siswa. Pelatihan regulasi emosi dalam penelitian ini dilakukan dalam 5 sesi selama 2 hari berturut-turut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTS Negeri 2 Kudus. Subjek penelitian merupakan siswa kelas VII F MTS Negeri 2 Kudus berjumlah 10 orang yang dipilih berdasarkan kriteria subjek penelitian menggunakan teknik screening sebelum diberikannya perlakuan. Data penelitian diambil menggunakan skala agresivitas sebanyak 26 aitem dengan koefisien validitas berkisar antara 0,018 sampai dengan 0,657 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,890. Dalam penelitian ini juga menggunakan skala regulasi emosi sebagai cek manipulasi sebanyak 43 aitem dengan koefisien validitas berkisar antara 0,287 sampai 0,840 dam koefisien reliabilitas sebesar 0,960. Pada saat pretest agresivitas subjek berada dalam kategori sedang 2 orang sampai tinggi 8 orang sedangkan pada saat posttest agresivitas subjek berada dalam kategori rendah 2 orang sampai sedang 8 orang. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Paired Sample t-Test dengan bantuan software pengolah data. Hasil analisis data menggunakan uji Paired Sample T-test diperoleh nilai t regulasi emosi sebesar 7,796 dan agresivitas sebesar 8,401 dengan nilai Sig. 2 tailed sebesar 0,000 (p < 0,05) yang berarti hipotesis dalam penelitian ini diterima, maka dapat disimpulkan bahwa pelatihan regulasi emosi efektif untuk menurunkan agresivitas siswa MTS Negeri 2 Kudus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Agresivitas, Regulasi Emosi, Remaja, Siswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 20 Feb 2020 18:10
Last Modified: 20 Feb 2020 18:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35049

Actions (login required)

View Item View Item