HUBUNGAN ANTARA KEPRIBADIAN PROAKTIF DENGAN INNOVATIVE WORK BEHAVIOR PADA PEKERJA START UP KOTA SEMARANG


Rhesty Febriani, 1511415101 (2019) HUBUNGAN ANTARA KEPRIBADIAN PROAKTIF DENGAN INNOVATIVE WORK BEHAVIOR PADA PEKERJA START UP KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA KEPRIBADIAN PROAKTIF DENGAN INNOVATIVE WORK BEHAVIOR PADA PEKERJA START UP KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA KEPRIBADIAN PROAKTIF DENGAN INNOVATIVE WORK BEHAVIOR PADA PEKERJA START UP KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (639kB) | Preview

Abstract

Start up merupakan sebuah usaha yang baru didirikan dan masih dalam tahap pengembangan. Keterbatasan yang dialami bisnis start up menyebabkan proses inovasi bisnis start up pun dilakukan secara terbatas sehingga menghasilkan produk inovasi yang tidak maksimal. Inovasi dalam sebuah start up menjadi salah satu faktor yang menentukan tingkat kelangsungan hidup suatu bisnis start up. Innovative work behavior merupakan suatu proses implementasi dari ide-ide baru ke dalam pada pekerjaan yang bertujuan untuk meningkatkan performa kerja baik individu, kelompok, maupun organisasi. Salah satu yang diduga melatarbelakangi tinggi rendahnya innovative work behavior adalah kepribadian proaktif. Pekerja start up dengan kepribadian proaktif tinggi mereka mampu mengubah misi organisasi mereka, menemukan dan menyelesaikan masalah, dan mengambilnya sendiri guna berdampak pada sekitar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hubungan antara kepribadian proaktif dengan innovative work behavior pada pekerja start up Kota Semarang. Sampel penelitian berjumlah 90 pekerja dengan menggunakan salah satu teknik nonprobability sampling adalah incidental sampling. Data penelitian diambil menggunakan dua skala, yaitu skala innovative work behavior yang terdiri dari 39 item. Pengukuran innovative work behavior mengacu pada alat ukur skala innovative work behavior dan terbukti dengan koefisien reliabilitas 0,933, sedangkan pengukuran kepribadian proaktif menggunakan alat ukur skala kepribadian proaktif yang terdiri dari 39 item yang terbukti reliabilitas 0,943. Hasil analisis menggunakan korelasi Spearman menghasilkan nilai rho sebesar 0,686 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi ada hubungan antara innovative work behavior dan kepribadian proaktif pada pekerja start up Kota Semarang diterima. Penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kepribadian proaktif maka semakin tinggi pula innovative work behavior pada pada pekerja start up.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Innovative Work Behavior; Kepribadian Proaktif; Start Up
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 20 Feb 2020 17:28
Last Modified: 20 Feb 2020 17:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35047

Actions (login required)

View Item View Item