PENGARUH EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP TOLERANSI STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNNES


Febri Aldi Maulia, 1511415099 (2019) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP TOLERANSI STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP TOLERANSI STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNNES]
Preview
PDF (PENGARUH EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP TOLERANSI STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNNES) - Published Version
Download (947kB) | Preview

Abstract

Stres akademik merupakan respon individu terhadap tugas-tugas maupun tuntutan akademik yang mereka hadapi yang mendorong individu untuk menyesuaikan diri terhadap keadaan tersebut. Stres akademik dapat terjadi pada setiap mahasiswa, tak terkecuali mahasiswa di Jurusan Psikologi. Hasil penggalian data awal di Jurusan Psikologi Unnes, diketahui bahwa gejala stres akademik mahasiswa psikologi berada dalam rentang sedang menuju tinggi. Perbedaan dalam kemampuan untuk menangani stres tersebut dapat disebut dengan toleransi stres. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri akademik dan dukungan teman sebaya terhadap toleransi stres pada mahasiswa psikologi UNNES. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Psikologi angkatan 2016 yang sedang menempuh semester 6. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling dimana setiap anggota populasi memiliki kesempatan yang sama untuk dijadikan subjek dalam penelitian. Jumlah sampel yang dijadikan subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 74 mahasiswa. Data penelitian diambil dengan menggunakan tiga skala yaitu skala toleransi stres akademik yang terdiri dari17 item valid, skala efikasi diri akademik yang terdiri dari 16 aitem valid dan skala dukungan teman sebaya yang terdiri dari 24 item valid. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa efikasi diri akademik, dukungan teman dan toleransi stres akademik pada mahasiswa Psikologi UNNES berada dalam kategori sedang. Hasil analisis data, menunjukan bahwa F hitung sebesar 12,751 dengan taraf signifikansi 0,000 (p<0,01), sehingga hipotesis diterima, maka dapat disimpulkan bahwa efikasi diri akademik dan dukungan teman sebaya berpengaruh terhadap toleransi akademik mahasiswa jurusan Psikologi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: efikasi diri, dukungan teman sebaya, toleransi stres akademik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 20 Feb 2020 17:25
Last Modified: 20 Feb 2020 17:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35046

Actions (login required)

View Item View Item