HUBUNGAN ANTARA HAPPINESS DENGAN GRATITUDE REMAJA PANTI ASUHAN KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG


Fahrizal Fajar Pratama, 1511415083 (2019) HUBUNGAN ANTARA HAPPINESS DENGAN GRATITUDE REMAJA PANTI ASUHAN KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA HAPPINESS DENGAN GRATITUDE REMAJA PANTI ASUHAN KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA HAPPINESS DENGAN GRATITUDE REMAJA PANTI ASUHAN KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (906kB) | Preview

Abstract

Gratitude atau kebersyukuran adalah sikap menerima segala sesuatu yang berharga berupa pengalaman yang bersumber dari individu dan wujud ungkapan perasaan terimakasih individu ketika menerima perlakuan baik dari individu lain. Syukur dapat dimiliki oleh setiap individu dari berbagai rentang usia, tidak terkecuali pada remaja yang yang tinggal di Panti Asuhan. Di Kota Semarang terdapat sebanyak 90 Panti Asuhan baik dari Pemerintah ataupun Swasta dengan jumlah anak sebanyak 4.043 orang. Berbagai macam persoalan anak dan remaja yang terjadi di panti asuhan seperti kurang mendapat kasih sayang, keterbatasan fasilitas hidup dan biaya, hidup sangat sederhana, kurangnya kesehatan fisik dan mental dan permasalahan emosi. Namun dalam keadaan tersebut remaja di Panti Asuhan dapat merasa bersyukur dengan merasakan kebahagiaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Happiness dan Gratitude pada Remaja Panti Asuhan di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif secara korelasional. Populasi yang digunakan remaja Panti Asuhan Kecamatan Gunungpati Kota Semarang dengan sampel sebanyak 103 subjek. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Instrumen penelitian ini berupa skala gratitude yang di adaptasi dari Watkins dengan koefesien reliabilitas sebesar 0,830 dan Happiness yang di adaptasi dari Hills dan Argyle dengan koefesien reliabilitas sebesar 0,842. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa gambaran Gratitude dan Happiness pada remaja di Panti Asuhan Kecamatan Gunungpati Kota Semarang secara umum pada kriteria tinggi. Hasil hipotesis menyatakan bahwa nilai signifikansi menunjukkan hasil 0,00<0,01 yang berarti bahwa ada hubungan positif Happiness dan Gratitude remaja Panti Asuhan Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Artinya, semakin tinggi Gratitude remaja Panti Asuhan maka semakin tinggi Happiness pada remaja Panti Asuhan, begitu juga sebaliknya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Happiness, Gratitude, Remaja Panti Asuhan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 20 Feb 2020 17:19
Last Modified: 20 Feb 2020 17:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35044

Actions (login required)

View Item View Item