SELF-DISCREPANCY DAN PERILAKU KONSUMTIF MEMBELI MAKE UP SERTA SKINCARE SECARA ONLINE PADA MAHASISWI


Diptya Diwasasri Saputri Nugraha, 1511415081 (2019) SELF-DISCREPANCY DAN PERILAKU KONSUMTIF MEMBELI MAKE UP SERTA SKINCARE SECARA ONLINE PADA MAHASISWI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511415081_Optimized.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (611kB) | Preview

Abstract

Awalnya, make up dan skincare merupakan kebutuhan sekunder, namun saat ini telah beralih menjadi kebutuhan yang sangat penting, terutama bagi wanita, khususnya bagi mahasiswi. Make up menjadi simbol bagi mahasiswi untuk terlihat lebih dewasa dan nampak intelek. Adanya kemudahan untuk mengakses situs-situs berbelanja dimana saja dan kapan saja dapat memunculkan perilaku konsumtif. Kemudahan dalam mengakses situ-situs berbelanja tersebut akan memunculkan rasa ingin yang disertai dengan pembelian produk make up dan skincare secara tiba-tiba. Banyaknya media sosial yang menampilkan sosok yang berbeda dari realitas remaja kebanyakan, seperti memiliki penampilan fisik yang menarik dan cantik dapat mempengaruhi konsep diri remaja. Adanya perbedaan antara konsep diri ini mengakibatkan munculnya self-discrepancy (kesenjangan diri). Mahasiswi yang merasa dirinya jauh dari harapan atau standar tertentu secara fisik akan berusaha untuk mencapai hal tersebut dengan cara-cara yang materiil, salah satunya adalah dengan mempercantik diri dengan berbagai produk make up dan skincare yang dibelinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan self-discrepancy dan perilaku konsumtif membeli make up serta skincare secara online pada mahasiswi. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi di Kota Semarang yang pernah membeli make up atau skincare secara online, memiliki make up atau skincare lebih dari satu jenis untuk fungsi yang sama, dan tidak memiliki pekerjaan sebarai make up artist (perias) dan model. Sampel penelitian ini berjumlah 100 mahasiswi dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Alat pengambilan data pada penelitian ini menggunakan skala Likert perilaku konsumtif dan Integrated Self-Discrepancy Index. Hasil penelitian ini adalah 1) Terdapat hubungan antara self-discrepancy dan perilaku konsumtif membeli make up serta skincare secara online pada mahasiswi. 2) Secara umum perilaku konsumtif membeli make up dan skincare secara online pada mahasiswi berada pada kategori sedang. 3) Secara umum self-discrepancy pada mahasiswi berada pada kategori sedang cenderung tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perilaku konsumtif, self-discrepancy
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 20 Feb 2020 17:16
Last Modified: 20 Feb 2020 17:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35043

Actions (login required)

View Item View Item