HUBUNGAN CURIOSITY DENGAN INTENSITAS ONLINE WINDOW SHOPPING PADA PEREMPUAN GENERASI MILENIAL


Ana Arbaatun Syar’iyah, 1511415044 (2019) HUBUNGAN CURIOSITY DENGAN INTENSITAS ONLINE WINDOW SHOPPING PADA PEREMPUAN GENERASI MILENIAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN CURIOSITY DENGAN INTENSITAS ONLINE WINDOW SHOPPING PADA PEREMPUAN GENERASI MILENIAL]
Preview
PDF (HUBUNGAN CURIOSITY DENGAN INTENSITAS ONLINE WINDOW SHOPPING PADA PEREMPUAN GENERASI MILENIAL) - Published Version
Download (781kB) | Preview

Abstract

Intensitas online window shopping merupakan sejauh mana pikiran individu terarahkan dalam melakukan aktivitas melihat-lihat produk-produk yang disajikan di online shop tanpa ada niat untuk membeli. Hasil studi awal menunjukkan bahwa generasi milenial berjenis kelamin perempuan lebih sering melakukan online window shopping. Salah satu yang diduga melatar belakangi tinggi rendahnya intensitas online window shopping adalah curiosity individu. Curiosity (keingintahuan) adalah keinginan untuk memperoleh informasi lebih mendalam tentang apa yang dilihat, didengar, dan untuk mendapatkan jawaban atas rasa penasaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran intensitas online window shopping pada generasi milenial berjenis kelamin perempuan, mengetahui gambaran curiosty pada generasi milenial berjenis kelamin perempuan dan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan curiosty dengan intensitas online window shopping pada generasi milenial berjenis kelamin perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah generasi milenial berjenis kelamin perempuan usia 19 tahun sampai 37 tahun. Sampel penelitian ini 355 generasi milenial berjenis kelamin perempuan usia 19 tahun sampai 37 tahun dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala intensitas online window shopping yang berisi 26 item dengan koefisien reliabilitas α = 0,826 dan skala curiosty yang berisi 30 item dengan koefisien reliabilitas α = 0,911. Hasil penghitungan dibantu dengan software pengolah data, didapati curiosity dan intensitas online window shopping generasi milenial berjenis kelamin perempuan berada pada kategori sedang. Uji hipotesis dilakukan dengan formula korelasi spearman menghasilkan nilai rho sebesar 0,347 dengan nilai signifikansi 0,000. Dengan demikian, hipotesis yang berbunyi ada hubungan antara curiosity dan intensitas online window shopping diterima. Semakin tinggi curiosity individu maka semakin tinggi pula intensitas online window shopping. Begitu juga sebaliknya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Curiosity, Intensitas Online Window Shopping
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 20 Feb 2020 16:54
Last Modified: 20 Feb 2020 16:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35038

Actions (login required)

View Item View Item