HUBUNGAN KOMITMEN PERKAWINAN DENGAN KEHARMONISAN KELUARGA PADA PASANGAN CALON TKI DI KABUPATEN CILACAP


Zulfatul Latifah, 1511415014 (2019) HUBUNGAN KOMITMEN PERKAWINAN DENGAN KEHARMONISAN KELUARGA PADA PASANGAN CALON TKI DI KABUPATEN CILACAP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN KOMITMEN PERKAWINAN DENGAN KEHARMONISAN KELUARGA PADA PASANGAN CALON TKI DI KABUPATEN CILACAP]
Preview
PDF (HUBUNGAN KOMITMEN PERKAWINAN DENGAN KEHARMONISAN KELUARGA PADA PASANGAN CALON TKI DI KABUPATEN CILACAP) - Published Version
Download (677kB) | Preview

Abstract

Motivasi TKI ke luar negeri tidak hanya mengandung dampak positif saja, namun juga resiko dampak negatif. Hal ini setidaknya dapat dilihat dari tidak harmonisnya kehidupan rumah tangga serta munculnya permasalahan-permasalahan rumah tangga yang mengantarkan mereka ke meja hijau dalam kasus perceraian. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa sekitar 41,73% pasangan TKI di Kabupaten Cilacap cenderung mengalami masalah dalam keharmonisan keluarga. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keharmonisan keluarga adalah komitmen perkawinan. Berdasarkan hal tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan komitmen pernikahan dengan keharmonisan keluarga pada pasangan calon TKI di Kabupaten Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasangan calon TKI di Kabupaten Cilacap. Jumlah sampel yaitu sebanyak 510 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Data penelitian ini diambil menggunakan skala keharmonisan keluarga dan skala komitmen perkawinan. Skala keharmonisan keluarga terdiri dari 39 aitem yang dinyatakan valid. Skala komitmen perkawinan terdiri dari 35 aitem yang dinyatakan valid. Hasil uji validitas pada penelitian ini menggunakan Teknik korelasi product moment. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode non parametric dengan Teknik rank spearman, karena setelah dilakukan uji normalitas data yang diperoleh tidak normal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian “ada hubungan positif antara komitmen perkawinan dengan keharmonisan keluarga pada pasangan calon TKI di Kabupaten Cilacap” diterima.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keharmonisan Keluarga, Komitmen Perkawinan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 20 Feb 2020 16:38
Last Modified: 20 Feb 2020 16:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35035

Actions (login required)

View Item View Item