Kemampuan Menulis dengan Tema Les Loisirs ‘Waktu Senggang’ Siswa Kelas III Jurusan Bahasa SMA Kesatrian 1 Semarang.


Agustina Pramu Indah, 2301401016 (2006) Kemampuan Menulis dengan Tema Les Loisirs ‘Waktu Senggang’ Siswa Kelas III Jurusan Bahasa SMA Kesatrian 1 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kemampuan Menulis dengan Tema Les Loisirs ‘Waktu Senggang’ Siswa Kelas III Jurusan Bahasa SMA Kesatrian 1 Semarang.]
Preview
PDF (Kemampuan Menulis dengan Tema Les Loisirs ‘Waktu Senggang’ Siswa Kelas III Jurusan Bahasa SMA Kesatrian 1 Semarang.) - Published Version
Download (86kB) | Preview

Abstract

Untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembelajaran bahasa Prancis pada siswa kelas III jurusan Bahasa di SMA Kesatrian 1 Semarang, khususnya pembelajaran menulis, siswa harus dikenakan tes bahasa yang sasaran pokoknya adalah kemampuan menulis siswa. Tes bahasa (tes tulis) ini harus didasarkan pada bahan ajar siswa kelas III SMA jurusan Bahasa. Salah satu materi pembelajaran bahasa Prancis di SMA adalah tema ‘waktu senggang’. Tema ini baru saja diajarkan pada akhir semester gasal, sehingga diasumsikan siswa masih memiliki ingatan yang segar terhadap tema tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis dengan tema les loisirs ‘waktu senggang’ pada siswa kelas III jurusan Bahasa di SMA Kesatrian 1 Semarang dan kesalahan-kesalahan yang terdapat pada hasil tulisan siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas III jurusan Bahasa di SMA Kesatrian 1 Semarang. Jumlah populasi dalam penelitian ini hanya 19 orang, sehingga tidak diambil sampel. Seluruh populasi dalam penelitian ini dijadikan responden. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian adalah metode dokumentasi dan tes. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh nama dan jumlah siswa, sedangkan metode tes digunakan untuk mendapatkan data mengenai kemampuan menulis dengan tema les loisirs ‘waktu senggang’ pada siswa kelas III jurusan Bahasa SMA Kesatrian 1 Semarang. Validitas yang digunakan adalah validitas isi, sedangkan untuk mengetahui reliabilitas instrumen dalam penelitian ini digunakan teknik pengulangan test (testretest) yang hasilnya dikorelasikan dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis kritis. Kemampuan menulis dengan tema les loisirs ‘waktu senggang’ pada siswa kelas III jurusan Bahasa di SMA Kesatrian 1 Semarang dikategorikan hampir cukup. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kemampuan menulis siswanya yang mencapai 65,13. Kesalahankesalahan dari hasil tes kemampuan menulis siswa kelas III jurusan Bahasa SMA Kesatrian 1 Semarang dengan tema les loisirs ‘waktu senggang’ meliputi: (1) isi atau gagasan yang dikemukakan, (2) kosakata, berupa kesalahan diksi, (3) kaidah gramatikal, berupa kesalahan pada pola kalimat, kesalahan konjugasi, kesalahan penggunaan preposisi, kesalahan kala, kesalahan penggunaan adjektiva, kesalahan penggunan adverbia, kesalahan penggunaan nomina, kesalahan penggunaan pronomina, kesalahan penggunaan artikel, dan kesalahan penyesuaian participe passé, serta (4) ejaan dan tanda baca

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis, les loisirs ‘waktu senggang’
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Perancis (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2011 06:58
Last Modified: 18 Aug 2011 06:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3503

Actions (login required)

View Item View Item