EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA SUKU SAMIN DAN HUBUNGANNYA DENGAN KONSEP-KONSEP MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL


FAIQ AL AHADI, 0401517047 (2020) EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA SUKU SAMIN DAN HUBUNGANNYA DENGAN KONSEP-KONSEP MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_FAIQ_AL_HADI.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ahadi, Faiq Al. 2020. Eksplorasi Etnomatematika pada Suku Samin dan Hubungannya dengan Konsep-Konsep Matematika Dalam Pembelajaran Kontekstual. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Zaenuri, S.E, M.Si, Akt., Pembimbing II Dr. rer. Nat. Adi Nur Cahyono, M.Pd. Kata Kunci: Etnomatematika Budaya Suku Samin, Konsep Konsep Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan konsep-konsep matematika pada budaya Suku Samin. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 4 Ngawen. Jenis penelitian ini adalah mixed methods. Desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa 1) bentuk-bentuk etnomatematika di Suku Samin termuat dalam upacara adat berupa waktu pelaksanaan upacara adat, tidak memiliki kesenian, bangunan berupa rumah Bekuk Lulang, mata pencaharian berupa tani (kelender musim Suku Samin, taun, tuwan/wulan,dino, wengi,suro, mangsa udan,mangsa garing ) dan peternak (sapi dan kambing), anyaman berupa Klasa Pandan, tenunan berupa ikat kepala (Blangkon), permainan tradisional berupa Dakon ,delikan dan jamuran, makanan tradisional berupa Tumpeng dan Ketupat. 2) Hubungan bentuk-bentuk etnomatematika Suku Samin dengan konsep-konsep matematika yaitu pola bilangan, operasi bilangan bulat, geometri dan pengukuran. 3) Pembelajaran matematika di kelas VIII-A dengan model Kontekstual efektif meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Etnomatematika Budaya Suku Samin, Konsep Konsep Matematika
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 19 Feb 2020 18:13
Last Modified: 09 Mar 2020 13:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35021

Actions (login required)

View Item View Item