KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY MELALUI GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN IMMEDIATE FEEDBACK


AULIA ZULFA, 0401517039 (2020) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY MELALUI GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN IMMEDIATE FEEDBACK. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_AULIA.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (914kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Zulfa, Aulia. 2019. “Kemampuan Komunikasi Matematis ditinjau dari Self Efficacy melalui Guided Discovery Learning berbantuan Immediate Feedback”. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Prof. Dr. Kartono, M.Si., Pembimbing II: Dr.rer.nat. Adi Nur Cahyo, M.Pd. Kata Kunci Kemampuan Komunikasi Matematis, Self Efficacy, Guided Discovery Learning, Immediate Feedback Kemampuan komunikasi matematis siswa perlu mendapat perhatian untuk membantu siswa memahami dan menyelesaikan masalah matematis dengan baik. Kemampuan komunikasi matematis dapat ditinjau dari berbagai aspek, salah satunya adalah self efficacy yang berpengaruh terhadap keberhasilan siswa. Selain self efficacy, diperlukan suatu model pembelajaran yang inovatif yaitu Guided Discovery Learning (GDL) berbantuan immediate feedback. Sintaks dari model pembelajaran ini yaitu (1)Stimulation, pemberian rangsangan kepada siswa sebelum memulai pembelajaran, (2) Problem Statement, pemberian permasalahan kepada siswa (3)Data Collection, pengumpulan data dari berbagai sumber, (4)Data Processing, mengolah informasi hasil diskusi, (5)Verification, memeriksa kembali hasil diskusi, (6)Generalization, memeriksa hasil diskusi, (7)Immediate Feedback, pemberian umpan balik setelah tes formatif. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji keefektifan model GDL berbantuan immediate feedback terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (2) menganalisis kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari self efficacy melalui GDL berbantuan Immediate Feedback. Penelitian ini menggunakan mixed method tipe sequensial explanatory. Pengambilan data self efficacy menggunakan angket, sedangkan kemampuan komunikasi matematis menggunakan posttest dan wawancara. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah self-efficacy sedangkan kemampuan komunikasi matematis sebagai variabel terikat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII F dan VIII G SMP Negeri 1 Mijen. Teknik pemilihan subjek penelitian kualitatif adalah purposive sampling dimana dipilih masing-masing 2 siswa pada setiap kategori self-efficacy. Analisis data kuantitatif menggunakan uji t, uji proporsi, uji beda rata-rata, dan uji beda proporsi. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) pembelajaran GDL berbantuan immediate feedback efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis yaitu rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa lebih dari Batas Tuntas Aktual (BTA)=64, proporsi ketuntasan klasikal lebih dari 75%, kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, secara klasikal menunjukkan bahwa proporsi kemampuan komunikasi matematis siswa yang tuntas di kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol; (2) kemampuan komunikasi matematis siswa bervariasi pada setiap kategori self-efficacy.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Self Efficacy, Guided Discovery Learning, Immediate Feedback
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 19 Feb 2020 18:02
Last Modified: 09 Mar 2020 11:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35020

Actions (login required)

View Item View Item