PENGEMBANGAN MEDIA PERAGA ELECTRIC POWER STEERING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA KOMPETENSI DASAR ELECTRIC POWER STEERING


JOKO NUR FITRIYANTO, 0501517022 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PERAGA ELECTRIC POWER STEERING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA KOMPETENSI DASAR ELECTRIC POWER STEERING. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_JOKO_NUR.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (19MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nur Fitriyanto, Joko. 2019. “Pengembangan Media Peraga Electric Power Steering Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Kompetensi Dasar Electric Power Steering”. Tesis. Program Studi Pendidikan Kejuruan. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Dwi Widjanarko, S.Pd., ST., MT., Pembimbing II Dr. Muhammad Khumaedi, M.Pd. Kata Kunci : Pengembangan, Media Peraga, electric power steering, Peningkatan Kompetensi. Pembelajaran merupakan sebuah proses komunikasi multi arah antara pendidik dengan seluruh peserta didiknya, tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi kepada seluruh peserta didik, jika ingin proses pembelajaran efektif maka komunikasi antara keduanya harus berjalan dengan baik. Oleh karena itu dibutuhkan alat penunjang komunikasi tersebut, media pembelajaran adalah salah satunya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi terhadap kelengkapan media pembelajaran pada kompetensi electric power steering pada sekolah negeri di Kabupaten Pemalang, hasilnya menunjukan bahwa belum adanya media pembelajaran berupa alat peraga pada kompetensi dasar tersebut sehingga kompetensi peserta didik tidak maksimal. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa alat peraga electric power steering serta dapat meningkatkan kompetensi peserta didik pada kompetensi dasar electric power steering. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development dengan langkah-langkah pendekatan ADDIE yang telah dimodifikasi oleh peneliti sehingga menghasilkan model pendekatan ADDDEI (Analysis, Define, Design, Development, Evaluation and Implementation). Hasil penelitian ini adalah produk media peraga electric power steering dengan steering gear rack and pinion yang dilengkapi dengan panel board, alat ukur tegangan dan arus listrik serta kelengkapan komponen seperti sistem suspensi dan roda, media peraga ditopang oleh rangka yang menyesuaikan bentuk sistem kemudi pada kendaraan. Kelayakan produk media tersebut didapatkan dengan melakukan uji coba pada produk kepada para ahli serta kepada para calon pengguna untuk mengetahui kepraktisan produk yang dikembangkan. Uji kelayakan produk oleh ahli materi mendapatkan hasil skor 3,88 (kriteria sangat layak) dan ahli media dengan skor 3,86 (kriteria sangat layak) dan teruji praktis digunakan dalam proses pembelajaran dengan hasil uji respon pengguna yang menyatakan media peraga electric power steering praktis digunakan dengan skor 3,55 untuk kelompok kecil dan 3,52 untuk kelompok besar. Penelitian ini juga menunjukan hasil peningkatan kompetensi peserta didik setelah menggunakan produk media peraga electric power steering yang ditunjukan oleh perolehan rerata skor peningkatan hasil belajar pada kompetensi electric power steering sebesar 45,78. Selain itu hasil uji independent sample t-test menunjukan hasil yang signifikan pada perbedaan kompetensi pada nilai post test yaitu sebesar thitung = 8,874. Hasil uji N-gain juga menunjukan angka gain sebesar 0,73 (kategori peningkatan tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Peraga, electric power steering, Peningkatan Kompetensi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Kejuruan, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 19 Feb 2020 17:55
Last Modified: 19 Feb 2020 17:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35019

Actions (login required)

View Item View Item