PENGEMBANGAN SUPLEMEN BAHAN AJAR BIOKONSERVASI BERBASIS BERITA UNTUK PEMAHAMAN KESADARAN LINGKUNGAN SISWA SEKOLAH DASAR PULAU MOROTAI TESIS


DESIANTY ARIMAN, 0402517045 (2020) PENGEMBANGAN SUPLEMEN BAHAN AJAR BIOKONSERVASI BERBASIS BERITA UNTUK PEMAHAMAN KESADARAN LINGKUNGAN SISWA SEKOLAH DASAR PULAU MOROTAI TESIS. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_DESIANTY_ARIMAN.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ariman Desianty. 2019. Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Biokonservasi Berbasis Berita Untuk Pemahaman Kesadaran Lingkungan Siswa Sekolah Dasar Pulau Morotai. Tesis. Program Studi Pendidikan IPA. Pascasarjana: Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Ir. Dyah Rini Indriyanti, M.P., Pembimbing II Dr. Andreas Priyono Budi Prasetyo, M.Ed. Kata Kunci: Biokonservasi, pembelajaran berbasis berita, pemahaman kesadaran lingkungan. Suplemen bahan ajar biokonservasi berbasis berita disusun berdasarkan beritaberita lingkungan yang ada di surat kabar Maluku Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kelayakan, keterbacaan dan keefektifan suplemen bahan ajar biokonservasi berbasis berita. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D). Subyek pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Inpres Aru Irian dan SD BPD Falila Kabupaten Pulau Morotai. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket validasi pakar, angket respon siswa dan tes kognitif. Data hasil validasi pakar diperoleh skor 92,11% sehingga dinyatakan suplemen bahan ajar biokonservasi berbasis berita sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Data hasil keterbacaan suplemen bahan ajar diperoleh skor rerata 86,15%. Skor yang diperoleh berupa kelayakan materi 88,13%, kebahasaan 83,48%, penyajian 85,04%, dan kegrafisan 87,95% telah memenuhi kriteria penilaian dan dapat digunakan dalam pembelajaran. Keefektifan suplemen bahan ajar ditentukan berdasarkan nilai ketuntasan klasikal dan N-gain. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada uji pretest sebesar 13% untuk SD BPD Falila dan SD Inpres sebesar 8%, sedangkan pada posttest sebesar 93% SD BPD Falila dan 85% untuk SD Inpres. Berdasarkan pada syarat ketuntasan klasikal ≥80%, maka hasil penilaian kognitif siswa tuntas secara klasikal. Uji N-gain yang diperoleh adalah 0,71 dengan kriteria tinggi atau diklasifikasikan g ≥ 0,7 maka disimpulkan bahwa suplemen bahan ajar biokonservasi berbasis berita efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pemahaman kesadaran lingkungan diperoleh dengan menggunakan lembar angket kesadaran lingkungan, kriteria yang diperoleh yaitu tinggi dengan rerata skor 72,68%. Simpulan pada penelitian ini yaitu suplemen bahan ajar biokonservasi berbasis berita tema lingkungan sahabat kita layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran serta efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik dan pemahaman kesadaran lingkungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 19 Feb 2020 16:24
Last Modified: 09 Mar 2020 12:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35017

Actions (login required)

View Item View Item