ANALISIS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN GERAK DAN GAYA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ABAD KE-21


ASSA PRIMA SEKARINI, 0402517026 (2020) ANALISIS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN GERAK DAN GAYA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ABAD KE-21. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_ASSA_PRIMA.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sekarini, Assa Prima. 2020. “Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping dalam Pembelajaran Gerak dan Gaya untuk meningkatkan Keterampilan Abad ke-21”. Tesis. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Wiyanto, M.Si., Pembimbing II Dr. Ellianawati, M.Si. Kata Kunci: Problem Based Learning, Mind Mapping, Keterampilan Abad ke-21 Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat merupakan ciri yang menonjol pada abad ke-21. Pembelajaran abad ke-21 mendorong siswa untuk memiliki keterampilan 4C yang meliputi: critical thinking, creativity, collaboration, dan communication. Model Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang mendorong siswa untuk berpikir dalam memecahkan masalah, membangun pengetahuan yang baru, berkolaborasi dengan kelompok, dan melatih kemampuan berkomunikasi. Mind mapping merupakan sebuah metode untuk memaksimalkan potensi pikiran manusia, hal ini dapat digunakan sebagai metode pembelajaran untuk melatih kreativitas siswa. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana keefektifan model Problem Based Learning berbantuan mind mapping dalam meningkatkan keterampilan Abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan model Problem Based Learning berbantuan mind mapping dalam meningkatkan keterampilan 4C. Jenis penelitian yang digunakan adalah mixed methods dengan desain penelitian sekuensial eksploratori. Subjek penelitian yang digunakan berjumlah 30 siswa kelas VIII yang terdiri atas 14 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Analisis data pada penelitian ini terdiri atas analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor N-Gain pada keterampilan berpikir kritis siswa sebesar 0,60 berkategori sedang. Skor keterampilan berpikir kreatif siswa sebesar 30% berkategori sangat baik dan 70% berkategori baik. Skor keterampilan kolaborasi siswa sebesar 90,3% berkategori sangat baik. Skor keterampilan komunikasi siswa sebesar 33,3% berkategori sangat baik dan 66,7% berkategori baik. Simpulan yang diperoleh pada penelitian ini adalah model PBL berbantuan mind mapping efektif digunakan dalam meningkatkan keterampilan 4C.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran
Subjects: L Education > Special Education > Education of Natural Science
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 19 Feb 2020 15:56
Last Modified: 06 Mar 2020 19:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35016

Actions (login required)

View Item View Item