PENGARUH PEER GROUP, LITERASI EKONOMI DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA JURUSAN IPS SMA NEGERI DI KABUPATEN BREBES


UMMAMATUL KHOIRIYAH, 0701514041 (2020) PENGARUH PEER GROUP, LITERASI EKONOMI DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA JURUSAN IPS SMA NEGERI DI KABUPATEN BREBES. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_UMMAMATUL_KHOIRIYAH.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Khoiriyah, Ummamatul. 2020. “Pengaruh Peer Group, Literasi Ekonomi dan Penggunaan Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Jurusan IPS SMA Negeri Kabupaten Brebes”. Tesis. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Rusdarti, M.Si., Pembimbing II Dr. Kardoyo, M.Pd. Kata Kunci: Peer Group, Literasi Ekonomi, Penggunaan Media Sosial dan Perilaku Konsumtif Perilaku konsumtif merupakan suatu tindakan mengkonsumsi barang dan jasa tidak berdasarkan kebutuhan tetapi untuk keinginan dan kepuasan semata. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh peer group, literasi ekonomi dan penggunaan media sosial, baik secara bersama-sama maupun parsial terhadap perilaku konsumtif siswa Jurusan IPS di SMA Negeri kabupaten Brebes. Metode penelitian digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI jurusan IPS di SMA kabupaten Brebes dengan populasi 664 siswa dan kemudian diambil sampel secara acak diperoleh sampel 166 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang di uji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis deksriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) ada pengaruh peer group, literasi ekonomi dan penggunaan media sosial, secara bersama-sama terhadap perilaku konsumtif sebesar 79,30%, berpengaruh positif dan signifikan, (2) peer group berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif sebesar 29,05%. (3) literasi ekonomi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif sebesar 21,34%, (4) penggunaan media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif sebesar 9,86%. (5) Adapun hasil persamaan regresi Y = 57,029 + 0,239 X1 – 0,174 X2 + 0,123 X3. Simpulan, (1) terdapat pengaruh peer group terhadap perilaku konsumtif siswa SMA Negeri di Kabupaten Brebes adalah positif, literasi ekonomi berpengaruh negative dan penggunaan media sosial berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif siswa (2) terdapat pengaruh peer group terhadap perilaku konsumtif pada siswa SMA Negeri kabupaten Brebes (3) terdapat pengaruh negative literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif siswa jurusan IPS di SMA Negeri Kabupaten Brebes (4) terdapat pengaruh positif secara parsial penggunaan media sosial terhadap perilaku konsumtif siswa jurusan IPS di SMA Negeri kabupaten Brebes Saran siswa diharapkan dapat memilih kelompok pergaulan peer group dengan baik dalam melakukan kegiatan belajar yang lebih bermanfaat demi masa depan, guru ekonomi harus menanamkan tentang literasi ekonomi Sehingga diharapkan siswa tidak hanya menguasai secara materi, namun dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari – hari, Perlunya kerjasama antara guru dan orang tua dalam memperhatikan siswa dalam penggunaan media sosial agar siswa menggunakan media sosial dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhannya, Penelitian ini diharapkan dapat membuat pembaharuan dengan memperluas ruang lingkup penelitian seperti faktor-faktor lain yang berpengaruh terhadap perilaku konsumtif pada siswa seperti persepsi, motivasi, kebudayaan, kondisi ekonomi orang tua, dan kontrol diri.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: media sosial, literasi ekonomi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > implementation of learning
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 19 Feb 2020 15:06
Last Modified: 19 Feb 2020 15:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35012

Actions (login required)

View Item View Item