PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI BERPENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA SEKOLAH DASAR
SEPTI RISMAWATI, 0103517049 (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI BERPENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Risnawati, Septi. 2019. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energi Berpendekatan Saintifik pada Siswa Sekolah Dasar”. Tesis.Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi PGSD. Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Sri Wardani, M.Si., Pembimbing II Dr. Muhammad Khafid, M.Si. Kata kunci: Perangkat Pembelajaran Tematik, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar Pembelajaran yang berlangsung di sekolah dasar masih berpusat pada guru Hal ini dapat dilihat dari perangkat pembelajaran yang digunakan guru masih menggunakan pendekatan saintifik dengan sintaks mengamati saja. Kegiatan pembelajaran belum menekankan sintaks menanya, mencoba, menalar, dan mengomunikasikan. Selain itu pembelajaran yang berlangsung masih didominasi oleh capaian ranah kognitif dan psikomotorik tanpa pengembangan ranah afektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kevalidan, tingkat kepraktisan, dan tingkat keefektifan perangkat pembelajaran berpendekatan saintifik tema selalu berhemat energi kelas IV sekolah dasar.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan tahapan penelitian mulai dari (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan kerangka produk, (3) validasi, (4) model hipotetik, (5) uji coba terbatas, (6) revisi produk, (7) uji coba lapangan, (8) revisi produk, (9) produk layak. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 03 Cilangkap dan SD Negeri 01 Samudra Kecamatan Gumelar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan perangkat pembelajaran berpendekatan saintifik menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid. Skor rata-rata validasi silabus 4,30; komponen dan prinsip RPP 4,40 dan 4,27; bahan ajar 3,93; LKS 4,21; dan THB 4,13. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dalam penelitian ini layak untuk diuji cobakan lebih lanjut. Kepraktisan produk perangkat pembelajaran menunjukkan bahwa penggunaan perangkat pembelajaran berada pada kategori praktis. Keefektifan produk perangkat pembelajaran menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar. Hasil belajar tersebut dilihat dari nilai pretest dan posttest. Nilai siswa sebelum dikenai produk yaitu 64,26 sedangkan setelah mendapat pembelajaran dengan produk meningkat menjadi 78,89. Berdasarkan hasil pretest dan posttest dihasilkan uji N-gain sebesar 0,40 dengan kategori sedang. Selain itu, hasil belajar afektif dan psikomotorik siswa juga mengalami peningkatan dengan kriteria sangat baik.Simpulan penelitian ini adalah pengembangan perangkat pembelajaran tema selalu berhemat energi berpendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar. Saran dalam penelitian ini adalah diharapan dapat membuat perangkat pembelajaran berpendekatan saintifik dalam kegiatan pembelajaran sesuai aturan dari Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016. Manfaat dari penelitian ini adalah memberikan pedoman bagi guru agar membuat perangkat pembelajaran sesuai dengan aturan dari Permendibud Nomor 22 Tahun 2016.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perangkat pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Learning Model |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 19 Feb 2020 14:49 |
Last Modified: | 19 Feb 2020 14:49 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35010 |
Actions (login required)
View Item |