PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL GUSJIGANG PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN TERHADAP PENANAMAN KARAKTER DAN HASIL BELAJAR SISWA


EMA RAHMA FEBRIANI, 0103516103 (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL GUSJIGANG PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN TERHADAP PENANAMAN KARAKTER DAN HASIL BELAJAR SISWA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_EMA_RAHMA_FEBRIANI.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Febriani, Ema Rahma. 2019. ‖Efek Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal ‗Gusjigang‘ Terhadap Hasil Belajar dan Karakter Siswa di MI TBS Kudus‖. Tesis. Magister Pendidikan Dasar. Universitas Negeri Semarang. Prof. Sudarmin,M.SI. Dr. Siti Alimah, S.Pd.,M.Pd 405 halaman. Kata Kunci: Gusjigang; Hasil Belajar; Karakter Siswa; Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Temuan hasil studi awal lapangan menunjukkan adanya berbagai persepsi beragam tentang pembelajaran berbasis kearifan lokal gusjigang diantaranya; 1) pengembangan karakter dalam pembelajaran berbasis kearifan lokal gusjigang dilakukan melalui setiap mata pelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler. Pengembangannya melalui berbagai mata pelajaran yang telah ditetapkan dalam standar isi; 2) pembelajaran berbasis kearifan lokal gusjigang bukan diajarkan secara tertulis tetapi dikembangkan kedalam perilaku atau karakter siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Desain ini melibatkan dua kelompok subjek, satu diberi perlakuan eksperimental (kelompok eksperimen) dan yang lain tidak diberikan perlakuan (kelas kontrol). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI TBS Kudus yang berjumlah 23 anak sebagai kelas eksperimen dan 23 anak sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan pretest-posttest, serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji t, dan uji n-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (a) terdapat pengaruh pembelajaran berbasis kearifan lokal gusjigang terhadap penanaman karakter siswa kelas IV di MI TBS Kudus; (b) terhadap pengaruh pembelajaran berbasis kearifan lokal gusjigang terhadap hasil belajar siswa kelas IV di MI TBS Kudus; dan (c) terdapat perbedaan pengaruh pembelajaran berbasis kearifan lokal gusjigang dan pembelajaran ceramah interaktif terhadap karakter dan hasil belajar siswa kelas IV di MI TBS Kudus. Pembelajaran berbasis kearifan lokal gusjigang memiliki pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dalam meningkatkan karakter dan hasil belajar siswa. Simpulan penelitian ini adalah pendekatan pembelajaran berbasis kearifan lokal gusjigang lebih efektif dalam meningkatkan karakter dan hasil belajar siswa sekolah dasar dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Saran dalam penelitian ini adalah agar dapat dikembangkan lebih lanjut dalam penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pendidikan dasar, budaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 19 Feb 2020 14:13
Last Modified: 09 Mar 2020 12:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35008

Actions (login required)

View Item View Item