PEMBELAJARAN HOMESCHOOLING ANAK USIA DINI DI KOMUNITAS CHARLOTTE MASON INDONESIA


AZKA NUHLA, 0108517029 (2020) PEMBELAJARAN HOMESCHOOLING ANAK USIA DINI DI KOMUNITAS CHARLOTTE MASON INDONESIA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_AZKA_NUHLA.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nuhla, Azka, 2019. “Pembelajaran Homeschooling Anak Usia Dini di Komunitas Charlotte Mason Indonesia”. Tesis, Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Joko Sutarto, M.Pd., Pembimbing II Dr. Emmy Budiartati,. M.Pd. Kata Kunci: Homeschooling, anak usia dini, Charlotte Mason Homeschooling merupakan jalur pendidikan non formal di Indonesia yang berbasis keluarga. Macam homeschooling yang diteliti adalah komunitas, yaitu Komunitas Charlotte Mason Indonesia (KCMI). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis secara mendalam tentang (1) alasan orang tua memilih pendidikan homeschooling untuk anak usia dini (4-6 tahun) dan alasan memilih Charlote Mason sebagai metode pembelajaran, (2) pembelajaran homeschooling anak usia dini (4-6 thaun) menggunakan metode Charlotte Mason. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan desain fenomenologi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi: 3 anak usia dini (4-6 tahun) dan orang tuanya yang bergabung di komunitas Charlotte Mason Indonesia. Keabsahan data menggunakan triangulasi waktu dan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) alasan orang tua memilih homeschooling untuk anak usia dini (4-6 tahun) berbeda-beda yaitu pertama, perbedaan idealisme pendidikan dalam keluarga dengan idelaisme pendidikan di Indonesia, kedua, ketidak puasan orang tua terhadap pratik pendidikan formal anak usia dini di sekitar rumah, ketiga, berawal dari membaca-baca tentang pendidikan anak dan homeschooling adalah praktik pendidikan yang cocok dengan keluarganya. (2) Pembelajaran anak usia dini metode Charlotte Mason menggunakan alat atmosfir, disiplin, living idea. Aspek yang dikembangkan yaitu intelektual, moral, fisik, dan spiritual. Pembelajaran homeschooling anak usia dini masing-masing keluarga berbeda meskipun menggunakan metode yang sama yaitu Charlote Mason dan dalam satu komunitas yaitu KCMI. (3) Faktor penghambat kegiatan pembelajaran di Komunitas adalah pertama, ketersediaan hutan alami yang ada di Semarang semakin sedikit, kedua, buku-buku Charlotte Mason berbahasa Inggris. Faktor penghambat bagi masing-masing keluarga untuk belajar homeschooling adalah jika terjadi inkonsistensi orang tua terhadap pembelajaran anak di rumah. Faktor pendukungnya yaitu adanya komunitas serta satu pemikiran anatara kedua orang tua tentang homeschooling dan metode yang digunakan. Simpulan dalam penelitian adalah alasan orang tua memilih homeschooling untuk anak usia dini (4-6 tahun) berbeda-beda, begitu juga pembelajaran yang diterapkan masing-masing keluarga juga berbeda meskipun menggunakan metode yang sama dan dalam komunitas yang sama. Saran untuk orang tua yaitu pendampingan yang lebih intens dalam kegiatan anak sehari-hari, saran untuk komunitas yaitu penambahan kegiatan yang bersifat nasionalisme.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pendidikan anak
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Child
L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Anak Usia Dini, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 19 Feb 2020 13:02
Last Modified: 09 Mar 2020 12:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35006

Actions (login required)

View Item View Item