PENGARUH MEDIA KALENDER DAN MEDIA LEAFLET TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU KEHADIRAN IBU BALITA KE POSYANDU DI KOTA SEMARANG


BERNADETHA, 0613517022 (2020) PENGARUH MEDIA KALENDER DAN MEDIA LEAFLET TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU KEHADIRAN IBU BALITA KE POSYANDU DI KOTA SEMARANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_BENADHETA.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (15MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Bernadetha. 2020. “Pengaruh Media Kalender dan Media Leaflet Terhadap Terhadap Peningkatan Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Kehadiran Ibu Balita Ke Posyandu Di Kota Semarang. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Asih Kuswardinah, M.Pd, Pembimbing II Dr.Eunike Raffy Rustiana, M.Si, Psi Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Media Kalender, Media Leaflet Kehadiran Ibu Balita merupakan masalah yang sudah berlangsung lama pada balita 6-59 bulan. Angka partisipasi kunjungan ibu yang membawa anak ke posyandu masih rendah mengalami penurunan dan belum mencapai target. Tujuan Penelitian yaitu menganalisis pengaruh media kalender dan media Leaflet terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap ibu balita dalam partisipasi kunjungan ke posyandu. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen two group pretest-posttest. Media kalender diberikan kepada ibu balita kelompok intervensi, dan media leaflet kepada kelompok kontrol. Populasi penelitian adalah seluruh ibu balita di Kota Semarang sedangkan jumlah sampel sejumlah 144 ibu yang mempunyai balita usia 6-59 bulan di wilayah Puskesmas Karangayu, Puskesmas Poncol dan Puskesmas Bugangan. Teknik pengambilan sampel dengan Purposive sampling. Data dianalisis menggunakan analisis data menggunakan univariat dan bivariat wilcoxon dengan taraf signifikansi 5% (α = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sesudah intervensi peningkatan pengetahuan ibu balita pada kelompok kalender sebelum Pengetahuan hasil cukup (38,8), sesudah (Pengetahuan Baik (56,7) sedangkan leaflet (sebelum pengetahuan cukup (50%) sesudah pengetahuan baik(43,4%). Sikap kalender sebelum (64,2%), sesudah (50,7) sedangkan leaflet sebelum (50,7%) dan sesudah (50,7%) hampir sama. Sedangkan intervensi kehadiran ratarata intervensi sesudah (64,3%) dan sebelum (42,3%) Kesimpulan penelitian ini terdapat perbedaan peningkatan frekuensi sebelum dan sesudah pemberian media kalender dan leaflet dan kehadiran, antara kelompok intervensi yang menggunakan media kalender dengan kelompok kontrol yang menggunakan media leaflet. Intervensi menggunakan media kalender lebih meningkatkan frekuensi kehadiran dibandingkan menggunakan media leaflet.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: sikap, kesehatan masyarakat
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Pasca Sarjana > Kesehatan Masyarakat, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 18 Feb 2020 19:49
Last Modified: 09 Mar 2020 12:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35004

Actions (login required)

View Item View Item