ANALISIS KEBISINGAN, PENERANGAN, IKLIM KERJA, GETARAN MEKANIS, MASA KERJA DAN STATUS GIZI TERHADAP KELELAHAN PADA KARYAWAN DI PT. ISKANDARTEX


ERVANSYAH WAHYU UTOMO, 0613516019 (2020) ANALISIS KEBISINGAN, PENERANGAN, IKLIM KERJA, GETARAN MEKANIS, MASA KERJA DAN STATUS GIZI TERHADAP KELELAHAN PADA KARYAWAN DI PT. ISKANDARTEX. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_ERVANSYAH.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Wahyu Utomo, Ervansyah, 2020.“Analisis Kebisingan, Penerangan, Iklim Kerja, Getaran Mekanis, Masa Kerja dan Status Gizi Terhadap Kelelahan”. Tesis. Program Studi Kesehatan Masyarakat. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I dr. Rr Sri Ratna Rahayu, M.Kes., Ph.D., Pembimbing II Dr. Yuni Wijayanti, dr., M.Kes. Kata Kunci : Kelelahan, Keselamatan kerja, Kesehatan Kelelahan kerja merupakan masalah penting yang perlu ditanggulangi dengan baik sebab dapat menyebabkan kehilangan efisiensi dalam bekerja, penurunan produktivitas dan kapasitas kerja serta kemampuan kesehatan dan kemampuan bertahan tubuh yang menyebabkan kecelakaan kerja. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor yang mempengaruhi kelelahan. Desain penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional, simple random sampling, teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Sampel penelitian di bagian weaving sebanyak 60 pekerja. Variabel yang diteliti kebisingan, penerangan, iklim kerja, getaran, masa kerja dan status gizi. Berdasar analisis Fisher’s Exact Test tidak terdapat hubungan antara kebisingan dengan kelelahan p=0,611 > α=0,05. Tidak terdapat hubungan antara penerangan dengan kelelahan p=0,392 < α=0,05. Tidak terdapat hubungan antara iklim kerja dengan kelelahan p=0,608 > α=0,05. Tidak terdapat hubungan antara getaran mekanis dengan kelelahan p=0,199 > α=0. Tidak terdapat hubungan antara masa kerja dengan kelelahan nilai p=0,309 > α=0,05. Tidak terdapat hubungan antara status gizi dengan kelelahan nilai p= 0,475 > α=0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada hubungan signifikan antara kebisingan, penerangan, iklim, getaran, masa kerja, dan status gizi dengan kelelahan kerja. Selanjutnya, mencoba untuk menambah variabel lain seperti shift kerja, lama tidur, keadaan ekonomi dan jumlah sampel yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kesehatan masyarakat
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Pasca Sarjana > Kesehatan Masyarakat, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 18 Feb 2020 19:27
Last Modified: 09 Mar 2020 13:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35002

Actions (login required)

View Item View Item