KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK LATIHAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN ACADEMIC HARDINESS DAN EFIKASI DIRI SISWA KELAS X SMK NEGERI 7 BANDUNG


RIANA WIBI PANGESTUTI, 0106517041 (2020) KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK LATIHAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN ACADEMIC HARDINESS DAN EFIKASI DIRI SISWA KELAS X SMK NEGERI 7 BANDUNG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_RIANA_WIBI_PANGESTUTI.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pangestuti, Riana Wibi. 2019. “Keefektifan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Latihan Kelompok Untuk Meningkatkan Academic Hardiness Dan Efikasi Diri Siswa Kelas X SMK Negeri 7 Bandung”. Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Mungin Eddy Wibowo, M.Pd., Kons., Pembimbing II Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si., Kons. Kata kunci : bimbingan kelompok, teknik latihan kelompok, academic hardiness, efikasi diri. Tugas akademik yang banyak, kejenuhan belajar dan menurunnya prestasi belajar menimbulkan pikiran dan perasaan yang tertekan. Hal ini disebabkan oleh academic hardiness dan efikasi diri (self efficacy) yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan bimbingan kelompok teknik latihan kelompok untuk meningkatkan academic hardiness dan efikasi diri (self efficacy) siswa. Subjek penelitian berjumlah 14 siswa SMK Negeri 7 Bandung yang terbagi menjadi 2 yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design (pra-pasca perlakuan) dengan pemberian layanan sebanyak 5 kali pertemuan 2 X 45 menit. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala academic hardiness dan skala efikasi diri (self efficacy) dengan analisis data uji repeated-meassure mixed MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukan perhitungan menggunakan uji repeatedmeassure mixed MANOVA terlihat hasil uji tersebut menunjukkan hasil efek dari waktu terhadap peningkatan academic hardiness (F (2) = 6,646 p < 0,05). Efek kelompok (F (1,934) = 5,82 p < 0.05). Efek interaksi waktu dengan kelompok (F (1,893) = 0,565 p < 0.05). Adanya efek dari waktu terhadap peningkatan efikasi diri (self efficacy) (F (2) = 1,746 p < 0,05). Efek kelompok (F (3,984) = 8,442 p < 0.05). Efek interaksi waktu dengan kelompok (F (1,293) = 0,045 p < 0.05) yang berarti bahwa kelompok eksperimen terdapat pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan academic hardiness dan efikasi diri (self efficacy) siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik latihan kelompok efektif dan konsisten untuk meningkatkan academic hardiness dan efikasi diri (self efficacy) siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pendidikan sekolah, metode pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > Educational Institutions > school management
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 18 Feb 2020 18:55
Last Modified: 18 Feb 2020 18:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35000

Actions (login required)

View Item View Item