PENGARUH PELATIHAN MANAJEMEN TERPADU BAYI MUDA (MTBM) VERSI TAHUN 2015 TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, MOTIVASI DAN KEPATUHAN KUNJUNGAN NEONATAL BIDAN DI KABUPATEN TEGAL


Timorini, Yuda Ayu (2020) PENGARUH PELATIHAN MANAJEMEN TERPADU BAYI MUDA (MTBM) VERSI TAHUN 2015 TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, MOTIVASI DAN KEPATUHAN KUNJUNGAN NEONATAL BIDAN DI KABUPATEN TEGAL. Masters thesis, Pascasarjana.

[thumbnail of TESIS_FINAL.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (363kB) | Preview

Abstract

Angka kematian neonatal (AKN) di Kabupaten Tegal dari tahun 2015-2017 memberikan kontribusi cukup tinggi terhadap kematian bayi yaitu sebesar 70-81%. Salah satu penyebabnya adalah tingkat kepatuhan petugas dalam melaksanakan langkah-langkah MTBM masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan manajemen terpadu bayi muda (MTBM) versi tahun 2015 secara simultan terhadap pengetahuan, sikap, motivasi dan kepatuhan kunjungan neonatal bidan di Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi experiment design (eksperimen semu) dengan bentuk pretest-posttest with control group design. Teknik sampling penelitian ini menggunakan Purposive Sampling dengan jumlah sampel 54 responden yaitu 27 orang sebagai kelompok kontrol dan 27 orang sebagai kelompok intervensi. Analisa data yang digunakan adalah dengan uji hipotesis Manova. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang simultan pada kelompok intervensi antara pelatihan MTBM versi tahun 2015 terhadap pengetahuan, sikap, motivasi dan kepatuhan kunjungan neonatal bidan di Kabupaten Tegal dimana hasil analisis Manova menunjukkan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (p = 0,000). Hasil penelitian dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam mengambil kebijakan program MTBM versi tahun 2015 sebagai salah satu tindakan untuk meningkatkan capaian kunjungan neonatal dengan pendekatan MTBM dalam upaya menurunkan angka kesakitan dan kematian bayi terutama pada periode neonatal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Fakultas: Pasca Sarjana
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 09 Jun 2020 12:35
Last Modified: 09 Jun 2020 12:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34995

Actions (login required)

View Item View Item