KAJIAN STILISTIKA ASPEK BAHASA FIGURATIF DAN CITRAAN DALAM ANTOLOGI PUISI MELIPAT JARAK KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MATERI PENGAYAAN SASTRA DI SMA


Mukhlis, Abdul (2018) KAJIAN STILISTIKA ASPEK BAHASA FIGURATIF DAN CITRAAN DALAM ANTOLOGI PUISI MELIPAT JARAK KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MATERI PENGAYAAN SASTRA DI SMA. Masters thesis, Pascasarjana.

[thumbnail of tesis.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (599kB) | Preview

Abstract

Bahasa menjadi medium utama dalam karya sastra yang salah satunya adalah puisi. Akan tetapi, bahasa dalam puisi berbeda dengan bahasa percakapan sehari-hari. Bahasa puisi mengalami penyimpangan karena sudah dieksploitasi sesuai dengan tujuan penyair. Penyair sengaja melakukan hal tersebut agar tercipta keestetikan dalam karyanya. Sapardi Djoko Damono sebagai salah satu penyair di Indonesia tidak melepaskan diri dari tujuan tersebut. Puisi-puisinya yang terkumpul dalam antologi Melipat Jarak menunjukkan bahwa efek estetik karya dapat terealisasi melalui penggunaan bahasa figuratif dan citraan. Bahasa figuratif dan citraan puisi menjadi pembahasan yang menarik apabila dikaitkan dengan pembelajaran. Kedua aspek tersebut, sangat relevan untuk dibelajarkan kepada peserta didik di Sekolah Menengah Atas kelas X sebagai materi tambahan atau pengayaan. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan bentuk bahasa figuratif yang terdapat dalam antologi puisi Melipat Jarak karya Sapardi Djoko Damono, (2) mendeskripsikan bentuk citraan yang digunakan dalam antologi puisi Melipat Jarak karya Sapardi Djoko Damono, (3) memaparkan pemanfaatan aspek bahasa figuratif dan citraan yang ada dalam antologi puisi Melipat Jarak karya Sapardi Djoko Damono sebagai materi pengayaan sastra di SMA kelas X. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan stilistika. Data dalam penelitian ini adalah satuan-satuan lingual berupa kata, frasa, klausa dan kalimat yang merupakan data bahasa figuratif dan citraan yang digunakan oleh penyair Sapardi Djoko Damono dalam antologi puisi Melipat Jarak. Sumber data penelitian ini diperoleh dari buku antologi puisi Melipat Jarak yang ditulis oleh Sapardi Djoko Damono dan diterbitkan penerbit Gramedia Pustaka Utama pada September 2015. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pembacaan heuristik dan studi pustaka. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis semiotik. Hasil penelitian ini adalah (1) bahasa figuratif yang ditemukan dalam antologi puisi Melipat Jarak adalah majas dan idiom. Berdasarkan analisis, diperoleh 60 data majas dan 1 data idiom. Majas personifikasi merupakan majas yang paling dominan dimanfaatkan oleh Sapardi Djoko Damono dalam antologi puisi ini dengan jumlah 18 data (30%). Selanjutnya majas simile sebanyak 11 data (18,5%), metafora 10 data (16,65%), perumpamaan dan alegori masing-masing 8 data (13,34%), sinekdoke pars prototo 4 data (7%), dan metonimia 1 data (1,7%). Sementara itu, idiom yang ditemukan dalam penelitian ini sebanyak 1 data (1%). Pemanfaatan majas dan idiom dalam antologi puisi Melipat Jarak umumnya berfungsi sebagai penyimbolan dan melukiskan latar tempat serta suasana, (2) pengkajian citraan dalam antologi puisi Melipat Jarak karya Sapardi Djoko menghasilkan sebanyak 99 data citraan. Citraan gerak mendominasi pemanfaatan citraan dalam antologi puisi ini, yakni sebanyak 33 data (33%). Citraan pendengaran 29 data (29%), citraan penglihatan sebanyak 22 data (22%), citraan penciuman 4 data (4%), citraan intelektual 4 data (4%), citraan pencecapan dan perabaan masing-masing sebanyak 3 data (3%). Fungsi pemanfaatan citraan dalam antologi puisi Melipat Jarak umumnya adalah menghidupkan imaji pembaca dan menggambarkan sesuatu hal, misalnya fisik tokoh maupun latar atau lingkungan sekitar, (3) pemanfaatan aspek bahasa figuratif dan citraan dalam antologi puisi Melipat Jarak karya Sapardi Djoko Damono sebagai materi pengayaan sastra di SMA kelas X terbagi dalam dua kegiatan, yakni eksploratori dan keterampilan proses. KI/KD yang relevan dengan kegiatan eksploratori adalah KI 3/ KD 3.16, yakni mengidentifikasi suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung dalam buku antologi puisi atau kumpulan puisi yang sudah dipublikasikan yang diperdengarkan atau dibaca dan KI 3/ KD 3.17, yaitu menganalisis unsur-unsur pembangun dalam puisi. Selanjutnya adalah kegiatan keterampilan proses. Kegiatan ini relevan dengan rumusan KI 4/ KD 4.17, yakni menulis puisi dengan memerhatikan unsur-unsur pembangunnya. Saran yang diajukan antara lain, (1) peneliti yang akan mengkaji stilistika puisi diharapkan lebih memantapkan bekal pengetahuan agar dapat melakukan kajian dan pemaknaan secara komprehensif, (2) peneliti lain yang serupa dengan topik ini disarankan mengkaji keseluruhan aspek karena pengkajian stilistika puisi rata-rata hanya mengkaji beberapa aspek saja, (3) pemanfaatan data dan aspek stilistika dalam penelitian ini kaitannya dengan kegiatan pengayaan hanyalah sebatas pemantik atau simulasi saja. Hendaknya, pemanfaatan aspek tersebut dikembangkan sendiri sesuai dengan kemampuan guru dan kebutuhan peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 13 Feb 2020 22:51
Last Modified: 13 Feb 2020 22:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34994

Actions (login required)

View Item View Item