Studi Perbandingan: Kemampuan Pelafalan Bahasa Prancis Mahasiswa yang Mendapat dan Tidak Mendapat Mata Kuliah Phonetique-Phonologie.


Ardhiansih Widhiasmoro, 2301401007 (2006) Studi Perbandingan: Kemampuan Pelafalan Bahasa Prancis Mahasiswa yang Mendapat dan Tidak Mendapat Mata Kuliah Phonetique-Phonologie. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Studi Perbandingan: Kemampuan Pelafalan Bahasa Prancis Mahasiswa yang Mendapat dan Tidak Mendapat Mata Kuliah Phonetique-Phonologie.]
Preview
PDF (Studi Perbandingan: Kemampuan Pelafalan Bahasa Prancis Mahasiswa yang Mendapat dan Tidak Mendapat Mata Kuliah Phonetique-Phonologie.) - Published Version
Download (70kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pelafalan bahasa Prancis antara mahasiswa yang mendapat mata kuliah Fonetik-Fonologi yakni mahasiswa program studi Bahasa dan Sastra Prancis dan yang tidak mendapat mata kuliah tersebut yakni program studi Pendidikan Bahasa Prancis. Penelitian ini menggunakan 10 mahasiswa semester I program studi Pendidikan Bahasa Prancis untuk uji keterandalan dan 44 mahasiswa semester I sebagai responden untuk pengambilan data yang terdiri dari: 22 mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Prancis dan 22 mahasiswa program studi Bahasa dan Sastra Prancis. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi dan teknik yang digunakan untuk mencari keterandalan instrumen adalah tes pelafalan. Koefisien keterandalan dihitung dengan menggunakan rumus K-R 20. Hasil penelitian dianalisis dengan teknik uji-T. Skor rata-rata yang diperoleh mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Prancis adalah 269, 45 sedangkan skor rata-rata untuk mahasiswa program studi Bahasa dan Sastra Prancis adalah 259, 81. Hasil perhitungan uji-T menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan kemampuan pelafalan bahasa Prancis antara mahasiswa yang mendapat dan yang tidak mendapat mata kuliah Fonetik-Fonologi. Selain itu hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa dalam menirukan pelafalan locuteur natif lebih baik daripada kemampuan mereka dalam melafalkan kata atau kalimat tertulis. Hal tersebut kemungkinan disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain adanya tata bunyi dan tulisan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang lebih melekat, sehingga mempengaruhi mahasiswa dalam melafalkan bahasa Prancis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: fonem, pelafalan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Perancis (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2011 06:45
Last Modified: 18 Aug 2011 06:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3499

Actions (login required)

View Item View Item