PENGARUH THE DARK TRIAD PERSONALITY TERHADAP KOMPETENSI INTERPERSONAL PADA MAHASISWA PSIKOLOGI


Neri Minawati , 1511414132 (2019) PENGARUH THE DARK TRIAD PERSONALITY TERHADAP KOMPETENSI INTERPERSONAL PADA MAHASISWA PSIKOLOGI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH THE DARK TRIAD PERSONALITY TERHADAP KOMPETENSI INTERPERSONAL PADA MAHASISWA PSIKOLOGI]
Preview
PDF (PENGARUH THE DARK TRIAD PERSONALITY TERHADAP KOMPETENSI INTERPERSONAL PADA MAHASISWA PSIKOLOGI) - Published Version
Download (820kB) | Preview

Abstract

Individu merupakan makhluk sosial, dimana menghendaki adanya pemenuhan kebutuhan dasar untuk mengembangkan hubungan interpersonal yang baik dengan sesama manusia. Mahasiswa psikologi dituntut untuk memiliki kompetensi interpersonal yang tinggi agar tercapai tujuan pembelajaran yang diinginkan yaitu dapat menjalin kompetensi interpersonal yang kuat. Mahasiswa psikologi mengalami hambatan dalam persoalan pribadi dan efeknya dapat menganggu hubungan interpersonalnya dengan orang lain serta beberapa di antaranya berada pada kompetensi interpersonal kategori sedang. Salah satu faktor yang mempengaruhi kompetensi interpersonal adalah kepribadian. Setiap individu memiliki masing-masing kepribadian yang mendasari individu berperilaku secara konsisten dan relatif menetap. Sisi gelap dalam kepribadian individu juga ikut menyumbang terbentuknya perilaku individu saat ini. Kepribadian gelap individu disebut juga the dark triad personality. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap adanya pengaruh the dark triad personality terhadap kompetensi interpersonal pada mahasiswa psikologi. Metode peneilitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Metode pengumpulan data menggunakan skala yang diadaptasi dari alat ukur Short Dark Triad (SD3) dari Jones & Paulhus (2014) yang terdiri dari 27 aitem untuk mengetahui dominan the dark triad personality sedangkan skala kompetensi interpersonal berdasarkan aspek-aspek dari Buhrmester, dkk (1988) terdiri dari 32 aitem. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa psikologi aktif dengan rentang usia antara 17-24 tahun. Sampel subjek penelitian ini menggunakan simple random sampling. Alat pengambilan data menggunakan skala Likert. Metode analisis penelitian menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan menggunakan Stepwise Regression. Hasil penelitian ini adalah 1) Terdapat pengaruh the dark triad personality terhadap kompetensi interpersonal pada mahasiswa psikologi. Kepribadian narcissism memiliki pengaruh yang paling besar terhadap kompetensi interpersonal pada mahasiswa psikologi. Pada kompetensi interpersonal kategori sangat tinggi dan tinggi, pada kepribadian narcissism memiliki nilai kontribusi pengaruh yang paling besar. 2) Gambaran umum kompetensi interpersonal pada mahasiswa psikologi termasuk dalam kategori tinggi. Pada kelima aspek kompetensi interpersonal berada pada kategori tinggi. 3) Secara umum, kepribadian machiavellianism lebih mendominasi trait pada mahasiswa psikologi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: the dark triad personality, kompetensi interpersonal
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 13 Feb 2020 14:11
Last Modified: 13 Feb 2020 14:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34989

Actions (login required)

View Item View Item