KEMAMPUAN MENULIS MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN KOLABORATIF DENGAN STRATEGI WRITING IN PERFORMANCE TASKS (WIPT) DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA SISWA SMP


Suci Lutfiyani , 4101414111 (2018) KEMAMPUAN MENULIS MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN KOLABORATIF DENGAN STRATEGI WRITING IN PERFORMANCE TASKS (WIPT) DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA SISWA SMP. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEMAMPUAN MENULIS MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN KOLABORATIF DENGAN STRATEGI WRITING IN PERFORMANCE TASKS (WIPT) DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF  PADA SISWA SMP ]
Preview
PDF (KEMAMPUAN MENULIS MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN KOLABORATIF DENGAN STRATEGI WRITING IN PERFORMANCE TASKS (WIPT) DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA SISWA SMP ) - Published Version
Download (786kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji model pembelajaran kolaboratif dengan strategi Writing In Performance Tasks (WIPT) efektif terhadap kemampuan menulis matematis dan untuk menganalisis kemampuan menulis matematis siswa pada materi luas permukaan bangun ruang sisi datar kelas VIII ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif pada pembelajaran kolaboratif dengan strategi Writing In Performance Tasks (WIPT). Penelitian ini merupakan penelitian Mix Method. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 22 Semarang sebanyak 288 siswa. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling, terpilih satu kelompok sampel yaitu kelas VIIIG sebagai kelompok eksperimen. Pemilihan subjek menggunkan tenkik purposive sampling. Subjek penelitian yang terpilih pada penelitian ini adalah 4 siswa dari kelas VIIIG SMP N 22 Semarang. Pemilihan subjek penelitian ini didasari dengan menggunakan instrumen tes gaya kognitif Matching Familiar Figure Test (MFFT). Kemudian dilakukan wawancara dengan masing-masing 2 siswa dari siswa bergaya kognitif reflektif dan 2 siswa dari siswa bergaya kognitif impulsif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran kolaboratif dengan strategi Writing In Performance Tasks (WIPT) efektif terhadap kemampuan menulis matematis siswa. Hasil ini ditunjukan dengan (1) kemampuan menulis matematis siswa mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), (2) kemampuan menulis matematis siswa mencapai ketuntasan klasikal yaitu banyak siswa yang memperoleh nilai mencapai lebih dari 75%, (3) implementasi model pembelajaran kolaboratif dengan strategi Writing In Performance Tasks (WIPT) dilaksanakan dengan baik berdasarkan RPP yang telah divalidasi, hasil lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran kolaboratif dengan strategi Writing In Performance Tasks (WIPT) yang menunjukkan sangat baik, dan hasil tes siswa mencapai ketuntasan klasikal berdasarkan KMM. Siswa dengan gaya kognitif reflektif dan impulsif memenuhi ketiga aspek dalam kemampuan menulis matematis yaitu written text, drawing, dan mathematical expression. Siswa reflektif tidak memiliki kemampuan dengan kriteria rendah baik pada aspek written text, drawing, dan mathematical expression sehingga secara umum dapat dikatakan memiliki kemampuan menulis matematis yang cukup maksimal, sedangkan siswa impulsif memiliki kemampuan dengan kriteria rendah hanya pada aspek mathematical expression sehingga secara umum dapat dikatakan memiliki kemampuan menulis matematis yang kurang maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan menulis matematis, pembelajaran kolaboratif, strategi writing in performance tasks, gaya kognitif impulsif dan reflektif
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 12 Feb 2020 20:17
Last Modified: 12 Feb 2020 20:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34987

Actions (login required)

View Item View Item