KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN TTW BERBANTUAN FUN CARD DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI SISWA


Fatimah Rofikoh , 4101414110 (2018) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN TTW BERBANTUAN FUN CARD DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI SISWA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN TTW BERBANTUAN FUN CARD DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI SISWA]
Preview
PDF (KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN TTW BERBANTUAN FUN CARD DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI SISWA) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan aspek penting yang perlu dimiliki siswa. Fakta menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis dan kepercayaan diri siswa SMA Negeri 12 Semarang belum optimal. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan pembelajaran TTW berbantuan fun card. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar pembelajaran TTW berbantuan fun card, kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran TTW berbantuan fun card dan pada pembelajaran model PBL, menguji pengaruh kepercayaan diri siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis, dan mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan kepercayaan diri tinggi, sedang, dan rendah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 12 Semarang tahun ajaran 2017/ 2018. Dengan teknik simple random sampling, terpilih 33 siswa kelas X MIPA 5 sebagai kelompok eksperimen, dan 34 siswa kelas X MIPA 4 sebagai kelompok kontrol. Metode pengambilan data dilakukan dengan tes, angket kepercayaan diri, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran TTW berbantuan fun card memenuhi kriteria ketuntasan belajar; (2) kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran TTW berbantuan fun card lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran model PBL; (3) kepercayaan diri siswa berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran TTW berbantuan fun card; (4) siswa dengan kepercayaan diri tinggi dapat memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi matematis; (5) siswa dengan kepercayaan diri sedang dapat memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi matematis, namun terkadang kurang teliti dalam perumusan, dan sesekali masih bingung dalam menafsirkan masalah tertentu; (6) siswa dengan kepercayaan diri rendah kurang dapat memahami permasalahan dan menyelesaikan permasalahan dari hasil yang sudah diperoleh

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Matematis, TTW, Fun Card, Kepercayaan Diri
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 12 Feb 2020 20:05
Last Modified: 12 Feb 2020 20:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34986

Actions (login required)

View Item View Item