KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X DITINJAU DARI MULTIPLE INTELLIGENCES DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTUAN LEARNING LOG


Nashirotun Khasanah , 4101414106 (2018) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X DITINJAU DARI MULTIPLE INTELLIGENCES DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTUAN LEARNING LOG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X  DITINJAU DARI MULTIPLE INTELLIGENCES  DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI  BERBANTUAN LEARNING LOG]
Preview
PDF (KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X DITINJAU DARI MULTIPLE INTELLIGENCES DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTUAN LEARNING LOG) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis penting dimiliki siswa untuk mengomunikasikan gagasan matematika. Namun, kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X SMA Negeri 1 Bawang belum optimal. Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian ini menggunakan pembelajaran model SAVI berbantuan learning log untuk melatih kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X ditinjau dari multiple intelligencesdengan penerapan model SAVI berbantuan learning log. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilanjutkan dengan wawancara. Populasinya adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Bawang tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, terpilih kelompok eksperimen sebanyak 33 siswa dan kelompok kontrol sebanyak 30 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni tes, angket, dan wawancara. Analisis data menggunakan uji proporsi, uji beda proporsi, uji beda ratarata, dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X dengan penerapan model SAVI berbantuan learning log mencapai ketuntasan belajar, (2) rata-rata hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X dengan penerapan model SAVI berbantuan learning log lebih baik daripada rata-rata hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X dengan penerapan model PBL, (3) multiple intelligences berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X, (4) siswa dengan kecerdasan linguistik dan musikal memiliki kemampuan komunikasi matematis yang baik, (5) siswa dengan kecerdasan logika matematis, spasial, kinestetis tubuh, interpersonal, intrapersonal, dan eksistensial memiliki kemampuan komunikasi matematis yang cukup, dan (6) siswa dengan kecerdasan naturalis memiliki kemampuan komunikasi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Multiple Intelligences, SAVI, Learning Log
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 12 Feb 2020 19:54
Last Modified: 12 Feb 2020 19:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34985

Actions (login required)

View Item View Item