KEEFEKTIFAN PENDEKATAN MATHEMATICS IN CONTEXT (MIC) BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KREATIVITAS SISW


Ulfia Mamnuha Kamalika , 4101414105 (2018) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN MATHEMATICS IN CONTEXT (MIC) BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KREATIVITAS SISW. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PENDEKATAN MATHEMATICS IN CONTEXT (MIC) BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KREATIVITAS SISWA]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PENDEKATAN MATHEMATICS IN CONTEXT (MIC) BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KREATIVITAS SISWA) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah adalah siswa belum menggunakan langkah-langkah pemecahan masalah secara lengkap saat mengerjakan soal sehingga perolehan nilai dan hasil belajar siswa masih rendah. Rendahnya hasil belajar siswa juga dipengaruhi oleh pembelajaran yang digunakan oleh guru. Pembelajaran di kelas harus dapat memotivasi dan menarik minat siswa untuk belajar, salah satunya melalui pembelajaran dengan pendekatan MIC berbasis etnomatematika. Kemampuan pemecahan masalah juga dipengaruhi oleh kreativitas siswa dalam merencanakan pemecahan masalah. Jadi kreativitas siswa sangat diperlukan dalam menyusun rencana dan strategi penyelesaian masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pendekatan MIC berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas siswa, pengaruh kreativitas siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah, dan kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari kreativitas siswa. Metode penelitian ini adalah mixed methods menggunakan desain penelitian True Experimental Design dengan bentuk desain Posttest Only Control Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah, skala kreativitas siswa, dan wawancara. Pengumpulan data kuantitatif digunakan untuk mengetahui keefektifan pendekatan MIC berbasis etnomatematika, sedangkan pengumpulan data kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah berdasarkan tingkat kreativitas siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 6 Semarang tahun pelajaran 2017/2018. Sampel penelitian diambil dengan cara random sampling dan diperoleh kelas VII H sebagai kelas eksperimen dan kelas VII G sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pendekatan MIC berbasis etnomatematika efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas siswa; (2) terdapat pengaruh kreativitas siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran dengan pendekatan MIC berbasis etnomatematika; dan (3) kemampuan pemecahan masalah siswa kelompok kreativitas tinggi lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah siswa kelompok kreativitas sedang dan rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: MIC, Etnomatematika, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kreativitas Siswa
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 12 Feb 2020 19:47
Last Modified: 12 Feb 2020 19:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34984

Actions (login required)

View Item View Item