KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMK DITINJAU DARI SELF EFFICACY PADA SETTING PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM


Muhammad Nur Chalim , 4101414101 (2018) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMK DITINJAU DARI SELF EFFICACY PADA SETTING PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMK DITINJAU DARI SELF EFFICACY PADA SETTING PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM ]
Preview
PDF (KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMK DITINJAU DARI SELF EFFICACY PADA SETTING PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM ) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran PjBL STEM mencapai ketuntasan belajar klasikal, (2) untuk mengetahui apakah rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran PjBL STEM lebih dari rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Discovery Learning, dan (3) mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran PjBL STEM ditinjau dari self efficacy. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi dengan strategi sekuensial eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 7 Semarang tahun ajaran 2017/2018, dengan teknik cluster random sampling terpilih siswa kelas XI-3 sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas XI-1 sebagai kelompok kontrol pada Jurusan Teknik Konstruksi Batu dan Beton. Subjek penelitian 6 siswa yang dipilih masing-masing 2 siswa berasal dari self efficacy kelompok atas, self efficacy kelompok tengah, dan self efficacy kelompok bawah. Metode pengumpulan data meliputi metode tes, metode angket, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan uji proporsi, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran PjBL STEM mencapai ketuntasan klasikal, (2) rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran PjBL STEM lebih dari rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran DL, (3) siswa pada self efficacy kelompok atas mencapai keenam indikator kemampuan komunikasi matematis dengan sangat baik yaitu merumuskan informasi penting dalam wacana matematika, menuliskan notasi, menuliskan rumus, menggunakan operasi matematika, menyajikan gambar, dan menyusun simpulan; siswa pada self efficacy kelompok tengah mencapai keenam indikator kemampuan komunikasi matematis tetapi lebih lemah dari siswa pada self efficacy kelompok atas pada indikator menggunakan operasi matematika dan menyajikan gambar; sedangkan siswa pada self efficacy kelompok bawah tidak mencapai indikator menggunakan operasi matematika dan menyajikan gambar dengan baik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Self Efficacy, PjBL STEM
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 12 Feb 2020 19:36
Last Modified: 12 Feb 2020 19:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34983

Actions (login required)

View Item View Item