KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEYAKINAN MATEMATIKA SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING


Irma Muflihah , 4101414092 (2018) KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEYAKINAN MATEMATIKA SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN  KEYAKINAN MATEMATIKA SISWA PADA MODEL  PEMBELAJARAN PROBLEM POSING]
Preview
PDF (KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEYAKINAN MATEMATIKA SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING) - Published Version
Download (842kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) deskripsi kualitas pembelajaran dengan model problem posing terhadap kemampuan penalaran matematis siswa, (2) deskripsi kemampuan penalaran matematis siswa dengan model pembelajaran problem posing, dan (3) deskripsi keyakinan matematika siswa dengan model pembelajaran problem posing. Penelitian ini menggunakan mix method dengan concurrent triangulation. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kualitas pembelajaran model problem posing terhadap kemampuan panalaran matematis siswa dalam kategori sangat baik, (2) kemampuan penalaran pada subjek dengan tingkat keyakinan matematika tinggi sudah mampu mencapai empat indikator secara maksimal meliputi menyajikan pernyataan matematika dalam bentuk gambar, mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika, dan memberikan alasan, serta satu indikator belum dicapai secara maksimal yaitu menarik kesimpulan, subjek dengan tingkat keyakinan matematika sedang mampu mencapai tiga indikator dengan maksimal yang meliputi menyajikan pernyataan matematika dalam bentuk gambar, mengajukan dugaan, dan memberikan alasan , serta dua indikator belum tercapai secara maksimal yaitu melakukan manipulasi matematika dan menarik kesimpulan, serta subjek dengan tingkat keyakinan matematika rendah belum mampu mencapai secara maksimal tiga indikator dari kelima indikator kemampuan penalaran matematis yaitu melakukan manipulasi matematika, memberi alasan, dan menarik kesimpulan, dan (3) keyakinan matematika pada subjek tingkat tinggi mendominasi aspek keyakinan tentang dirinya dalam matematika sama halnya dengan subjek dengan tingkat keyakinan matematika rendah, dan pada subjek tingkat sedang yang paling dominan terdapat pada aspek keyakinan tentang pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Penalaran, Keyakinan Matematika, Problem Posing
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 12 Feb 2020 15:58
Last Modified: 12 Feb 2020 15:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34981

Actions (login required)

View Item View Item