KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTION DESIGN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA


Mila Arum Kartika , 4101414083 (2018) KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTION DESIGN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTION DESIGN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA]
Preview
PDF (KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTION DESIGN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep siswa ditentukan oleh gaya belajar yang mereka miliki. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Meaningful Instruction Design dan mendeskripsi kemampuan pemahaman konsep siswa berdasarkan gaya belajarnya dalam setting pembelajara Meaningful Instruction Design. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas VII SMP Negeri 4 Ungaran yang terdiri atas 2 siswa dengan gaya belajarnya. Dalam hal ini pembagian gaya belajar meliputi gaya belajar visual, auditori dan kinestetik. Pemilihan subjek penelitian didasari dengan menggunakan angket gaya belajar. Pengumpulan data dilakukan menggunakan data tes ulangan semester genap, tes kemampuan pemahaman konsep matematika dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah tahap reduksi data, penyajian data, triangulasi, dan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh simpulan, (1) kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Meaningful Instruction Design mencapai ketuntasan klasikal dan individual, (2) kemampuan pemahaman konsep dengan pembelajaran Meaningful Instruction Design lebih baik dari kemampuan pemahaman konsep dengan Problem Based Learning, (3) kemampuan pemahaman konsep siswa berdasarkan gaya belajar visual memenuhi semua indikator pemahaman konsep, kemampuan pemahaman konsep siswa berdasarkan gaya belajar auditori kurang mampu menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematika dan kurang mampu mengaitkan berbagai konsep (internal dan eksternal matematika), kemampuan pemahaman konsep siswa berdasarkan gaya belajar kinestetik kurang mampu mengaitkan berbagai konsep (internal dan eksternal matematika) dan salah satu subjek gaya belajar kinestetik kurang mampu dalam menyatakan secara verbal konsep yang telah dipelajari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan pemahaman konsep matematika, Meaningful Instruction Design, gaya belajar.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 12 Feb 2020 15:26
Last Modified: 12 Feb 2020 15:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34977

Actions (login required)

View Item View Item