KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN MODEL ANCHORED INSTRUCTION (AI) DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS


Ika Tiara Kurniati , 4101414082 (2018) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN MODEL ANCHORED INSTRUCTION (AI) DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN MODEL ANCHORED INSTRUCTION (AI) DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS]
Preview
PDF (KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN MODEL ANCHORED INSTRUCTION (AI) DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII yang belum optimal, perlu ditinjau lebih lanjut lagi berdasarkan disposisi matematis siswa. Untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa, diperlukan model pembelajaran yang tepat, salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model Anchored Instructions (AI). Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah pembelajaran dengan model Anchored Instructions (AI) mencapai ketuntasan belajar dan mengetahui deskripsi kemampuan berpikir kreatif dengan model pembelajaran Anchored Instructions (AI) ditinjau dari disposisi matematis. Penelitian ini adalah penelitian mixed methods model triangulasi konkuren. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Ungaran tahun peajaran 2017/2018, sampel siswa kelas VII-I. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-I yang dipilih dengan teknik purposive sampling, terpilih dua siswa dari masing-masing kategori disposisi matematis tinggi, sedang, dan rendah. Data kuantitatif dianalisis menggunakan uji rata-rata satu pihak dan uji proporsi satu pihak. Sedangkan data kualitatif dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu membuat transkip data verbal, reduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan. Wawancara terdiri atas dua subjek pada masing-masing kategori disposisi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pembelajaran dengan model Anchored Instructions (AI) mencapai ketuntasan belajar dan deskripsi kemampuan berpikir kreatif siswa dengan model Anchored Instructions (AI) ditinjau dari disposisi matematis yaitu siswa dengan disposisi matematis tinggi memiliki semua aspek kemampuan berpikir kreatif yaitu kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan; siswa dengan disposisi matematis sedang memiliki dua aspek kemampuan berpikir kreatif, yaitu kefasihan dan fleksibilitas; siswa dengan disposisi matematis rendah hanya memiliki satu aspek kemampuan berpikir kreatif yaitu kefasihan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif, Anchored Instructions (AI), Disposisi Matematis.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 12 Feb 2020 15:21
Last Modified: 12 Feb 2020 15:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34976

Actions (login required)

View Item View Item