ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN TGT MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME SISWA KELAS X


Bulan Rahmayani , 4101414078 (2018) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN TGT MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME SISWA KELAS X. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN TGT MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME SISWA KELAS X ]
Preview
PDF (ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN TGT MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME SISWA KELAS X ) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui capaian ketuntasan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan model TGT menggunakan pendekatan konstruktivisme; dan terdeskripsikannya kemampuan berpikir kreatif ditinjau dari gaya kognitif implusif dan reflektif dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan mixed methods. Populasi penelitian adalah siswa kelas X pada salah satu SMA Negeri di Semarang tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian kuantitatif adalah siswa kelas X IPA 2. Subjek penelitian kualitatif yaitu 4 siswa dari sampel. Subjek dipilih menggunakan instrumen tes gaya kognitif Matching Familiar Figure Test (MFFT) dan teknik purpose sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Hasil tes dianalisis dengan uji proporsi satu pihak, uji rata-rata satu pihak dan analisis kualitatif yang mengacu pada tingkat kemampuan berpikir kreatif menurut Siswono (2011). Hasil penelitian menunjukkan: (1) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan model TGT menggunakan pendekatan konstruktivisme mencapai ketuntasan minimal; dan (2) kelompok siswa gaya kognitif implusif memenuhi komponen kemampuan berpikir kreatif yaitu, (a) kefasihan atau (b) kefasihan, dan kebaruan, serta kelompok siswa gaya kognitif reflektif memenuhi komponen kemampuan berpikir kreatif yaitu (a) kefasihan dan fleksibilitas atau (b) kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis; Reflektif; Implusif; Teams Games Tournament, Konstruktivisme.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 12 Feb 2020 15:08
Last Modified: 12 Feb 2020 15:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34974

Actions (login required)

View Item View Item