ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR KOLB PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL THINK TALK WRITE


Nur Eka Astuti , 4101414077 (2018) ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR KOLB PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL THINK TALK WRITE. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS MATEMATIS SISWA  DITINJAU DARI GAYA BELAJAR KOLB PADA PEMBELAJARAN  MATEMATIKA MODEL THINK TALK WRITE]
Preview
PDF (ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR KOLB PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL THINK TALK WRITE) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Menulis merupakan salah satu aspek pada komunikasi yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika, melalui aktifitas menulis proses belajar siswa dapat dilihat lebih nyata, ide-ide atau gagasan siswa dapat didokumentasikan dalam file dan tulisan siswa dapa dijadikan evaluasi. Perbedaan tiap gaya belajar siswa dapat menyebabkan kemampuan menulis matematis siswa yang berbeda pula. Perlu diterapkan suatu model pembelajaran yang dapat memacu kemampuan menulis matematika yaitu pembelajaran TTW. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji kemampuan menulis matematis kelas VII dalam pembelajaran matematika model TTW mencapai KKM, untuk menguji kemampuan menulis matematis siswa kelas VII dalam pembelajaran TTW lebih baik dari kemampuan menulis matematis siswa dalam pembelajaran DL, untuk mendeskripsikan kemampuan menulis matematis siswa untuk tiap Gaya belajar Kolb pada pembelajaran matematika model TTW. Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Demak tahun ajaran 2017/2018. Dengan menggunakan teknik random sampling, terpilih dua kelompok sampel kelas VII F dan VII H. Kelompok eksperimen yaitu kelompok siswa yang diterapkan pembelajaran TTW yaitu kelas VII H dan kelompok kontrol yaitu kelompok siswa yang diterapkan pembelajaran DL yaitu kelas VII F. Subjek penelitian yaitu masing-masing tiga siswa dari kategori siswa dengan gaya belajar Converger, Diverger, Accomodator, dan Assimilator. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, angket, dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji ketuntasan rata-rata, uji ketuntasan proporsi, uji kesamaan dua rata-rata, dan uji kesamaan dua proporsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan menulis matematis siswa kelas VII dalam pembelajaran model TTW mencapai kriteria ketuntasan minimal; 2) kemampuan menulis matematis siswa dengan pembelajaran TTW lebih baik daripada kemampuan menulis matematis siswa dengan pembelajaran DL; 3) siswa converger memenuhi ketiga aspek dalam kemampuan menulis matematis dengan baik dan benar, siswa diverger cenderung memenuhi aspek written text, cenderung tidak benar dan lengkap dalam memenuhi aspek drawing dan aspek mathematical expression, siswa accommodator cenderung memenuhi aspek written text dan cenderung tidak lengkap dan benar memenuhi aspek drawing, siswa assimilator mampu memenuhi ketiga aspek kemampuan menulis matematis walaupun ada yang belum benar dalam melaksanakan ketiga aspek dalam kemampuan menulis matematis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Menulis Matematis, Gaya Belajar Kolb, Pembelajaran Matematika, Think Talk Write.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 12 Feb 2020 15:02
Last Modified: 12 Feb 2020 15:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34973

Actions (login required)

View Item View Item