ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DITINJAU DARI PERCAYA DIRI SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN RELATING-EXPERIENCING-APPLYINGCOOPERATING- TRANSFERRING


Nur Fitri Rahmawati , 4101414055 (2018) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DITINJAU DARI PERCAYA DIRI SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN RELATING-EXPERIENCING-APPLYINGCOOPERATING- TRANSFERRING. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DITINJAU DARI PERCAYA DIRI SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN RELATING-EXPERIENCING-APPLYINGCOOPERATING- TRANSFERRING]
Preview
PDF (ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DITINJAU DARI PERCAYA DIRI SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN RELATING-EXPERIENCING-APPLYINGCOOPERATING- TRANSFERRING) - Published Version
Download (977kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematika adalah salah satu aspek yang penting dalam pembelajaran matematika. Namun hasil di lapangan menunjukkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan pembelajaran REACT untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP, dan mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika ditinjau dari rasa percaya diri siswa pada pembelajaran REACT. Penelitian ini merupakan penelitian metode campuran (mixed methods) dengan sequential explanatory strategy. Penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran REACT efektif meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII. Selanjutnya siswa dengan rasa percaya diri tinggi mampu menyatakan ulang sebuah konsep, menyajikan konsep dalam bentuk representasi matematis, menggunakan memanfaatkan dan memilih prosedur, serta mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah. Namun kurang mampu mengklasifikasikan objek menurut sifat tertentu dan memberi contoh dan bukan contoh dari suatu konsep, serta belum mampu dalam mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup suatu konsep. Siswa dengan rasa percaya diri sedang mampu menyajikan konsep dalam bentuk representasi matematis dan mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah. Namun kurang mampu mengklasifikasikan objek menurut sifat tertentu, serta belum mampu menyatakan ulang sebuah konsep, memberi contoh dan bukan contoh dari suatu konsep, mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup suatu konsep, menggunakan memanfaatkan dan memilih prosedur, dan mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah. Siswa dengan rasa percaya diri rendah hanya mampu menyajikan konsep dalam bentuk representasi matematis. Namun kurang mampu menyatakan ulang sebuah konsep dan mengklasifikasikan objek berdasarkan sifat tertentu, serta belum mampu memberikan contoh dan bukan contoh suatu konsep, mengembangkan syarat cukup atau syarat perlu, menggunakan memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu, serta mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep Matematika, REACT, Percaya Diri.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 10 Feb 2020 14:51
Last Modified: 10 Feb 2020 14:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34959

Actions (login required)

View Item View Item