ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI PROGRAM LINEAR DENGAN PROSEDUR NEWMAN DALAM SETING PEMBELAJARAN CORE


Septi Tri Widiastuti , 4101414049 (2018) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI PROGRAM LINEAR DENGAN PROSEDUR NEWMAN DALAM SETING PEMBELAJARAN CORE. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI PROGRAM LINEAR DENGAN PROSEDUR NEWMAN DALAM SETING PEMBELAJARAN CORE]
Preview
PDF (ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI PROGRAM LINEAR DENGAN PROSEDUR NEWMAN DALAM SETING PEMBELAJARAN CORE) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah siswa khususnya pada materi program linear masih tergolong rendah, sehingga menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan suatu masalah program linear. Tujuan penelitian ini untuk menguji apakah hasil belajar siswa dalam aspek kemampuan pemecahan masalah pada seting pembelajan CORE telah mencapai ketuntasan dan mengidentifikasi tipe – tipe kesalahan serta menganalisis kesalahan yang dilakukan oleh siswa berdasarkan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah materi materi Program Linear dengan prosedur Newman pada seting pembelajaran CORE. Desain penelitian yang digunakan adalah one-shot case study. Subjek penelitian kualitatif ini adalah siswa kelas XI MIPA 5 dan dipilih 9 siswa yang mewakili kelompok siswa dengan kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Pemilihan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah siswa pada model CORE mencapai ketuntasan klasikal; (2) jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah Program Linear adalah kesalahan pemahaman, kesalahan transformasi, kesalahan ketrampilan proses dan kesalahan penyimpulan; (3) kesalahan ketrampilan proses menjadi kesalahan utama yang dilakukan oleh siswa kelompok atas, sedang ataupun bawah. Kesalahan ketrampilan proses yang dilakukan siswa kelompok bawah utamanya disebabkan oleh kesalahan kendala. Kesalahan ketrampilan proses siswa pada kelompok sedang masih disebabkan oleh kesalahan dalam kendala, namum juga telah ditemukan kesalahan lain yang lebih beragam. Kesalahan yang ditemukan pada kelompok atas lebih beragam tidak didominasi oleh kesalahan kendala.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Prosedur Newman, Model Pembelajaran CORE
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 10 Feb 2020 14:46
Last Modified: 10 Feb 2020 14:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34958

Actions (login required)

View Item View Item